PENGARUH MOTIVASI, PERSEPSI DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINUMAN ISOTONIK MIZONE

Fea Prihapsara

Abstract


Persaingan antar produsen minuman isotonik di Indonesia dalam memproduksi
dan memasarkan minuman isotonik menjadikan latar belakang penelitian ini. Minuman
isotonik merupakan minuman yang mengandung elektrolit yang dapat menggantikan
cairan tubuh yang hilang setelah beraktivitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh Motivasi, Persepsi dan Sikap terhadap keputusan pembelian minuman isotonik
Mizone pada mahasiswa Fakultas MIPA UNS.
Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif non eksperimental dengan
menggunakan metode survei. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer
dengan penyebaran kuesioner sebanyak 130 responden. Obyek penelitian ini adalah
konsumen Mizone khususnya mahasiswa Fakultas MIPA UNS. Metode pengambilan
sampel adalah dengan cara accidental sampling. Alat analisis yang digunakan yaitu uji
validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji regresi linier berganda. Data diproses
dengan menggunakan SPSS 16.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial (uji T) motivasi dan sikap
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian minuman isotonik
mizone. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Sig. motivasi sebesar 0,013 dan nilai Sig.sikap
0,000 (Sig. < 0,05). Secara bersama-sama, motivasi, persepsi dan sikap konsumen
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian mizone. Terbukti nilai
signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.
Kata Kunci: Motivasi, Persepsi, Sikap, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.