PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) HANINA CRAFT MENUJU UMKM NAIK KELAS

Khresna Bayu Sangka, Mia Choirul Fadhilah, Tazkia Akmalia Nur Arifah

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan usaha produktif yang dimiliki perseorangan dan/atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria usaha mikro.  Hanina Craft merupakan salah satu UMKM di bawah naungan Bank Indonesia Solo, yang memproduksi kerajinan tangan berupa makrame dan berlokasi di Desa Penggung, Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali. Salah satu permasalahan yang masih terjadi pada UMKM di Indonesia yaitu digitalisasi dengan keterbatasan sumber daya manusia serta akses pada teknologi yang masih minim. Dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 87 mengadakan berbagai program kerja yang dapat menunjang berkembangnya UMKM Hanina Craft seperti branding, produksi produk usaha, pendampingan EXPO UMKM, pendampingan pembukuan, pembuatan kontrak perjanjian kerja sama, storynomics, pembuatan iklan, serta edukasi tentang Prosedur Operasi Standar (POS) alur ekspor. Tahapan yang digunakan dalam program ini yaitu meliputi identifikasi masalah, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan evaluasi. Adapun tujuan dan hasil yang ingin dicapai dalam program KKN Tematik ini yaitu untuk mengembangkan UMKM Hanina Craft. Diharapkan program-program yang dilakukan dan diterapkan dalam kegiatan KKN dapat membantu mengembangkan potensi usaha UMKM Hanina Craft, mendorong ke ranah dunia ekspor dengan digitalisasi dan mempermudah konsumen untuk mengenal dan membeli produk UMKM Hanina Craft 

Full Text:

PDF

References

Aulya, W. (2022). Definisi, Kriteria dan Konsep UMKM.

Fauzar, S. (2022). PEMBINAAN SERTA PENGEMBANGAN PENGELOLAAN KEUANGAN PADA UMKM KELURAHAN KAMPUNG BULANG. Journal of Maritime Empowerment, 5(1), 1-4.

Febriansyah, F., & Anggraini, L. (2023). STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM BERBASIS E-MARKET PADA UMKM DESA GUNUNG RAYA. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(9), 6127-6132.

Fitri, R. (2021). Pengembangan Keterampilan Pembuatan Desain Kemasan Serta Pemanfaatan Pemasaran Digital Sebagai Strategi Bertahan UMKM yang Terdaftar Pada PLUT K-UMKM Kota Batu. VIVABIO: Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 3(3), 35-41.

Jayati, A. Febrina, C.S., Ashari I.H., Razkia D. (2021). Strategi Peningkatan Penjualan Produk UMKM Kerupuk Rambak RW 15 Kelurahan Rejosari. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, 5(2), 155-159

Hardilawati, L.W. (2020). Strategi bertahan UMKM di tengah pandemi Covid-19. jurnal akuntansi dan ekonomika, 10(1), 89-98.

Hartati, C. S. (2021). ANALISIS PENGEMBANGAN UMKM MELALUI DIMENSI KREATIVITAS DAN INOVASI (Studi Kasus pada UMKM di Kecamatan Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro). Jurnal Mitra Manajemen, 5(4), 256-265.

Karsono, L. D. P., & Lida, U. M. (2023). Kreativitas Digital UMKM: Strategi Pengembangan, Operasional, dan Pemasaran.

Sudrartono, T., Nugroho, H., Irwanto, I., Agustini, I. G. A. A., Yudawisastra, H. G., Amaria, H., ... & Sudirman, A. (2022). Kewirausahaan UMKM Di Era Digital.

Sya’bania, A., Zain, M. A. A., Winarno, A., & Hermawan, A. (2022). STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM DENGAN PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING DI ERA MODERNISASI (STUDI PADA UMKM LAMINGO97). Jurnal Pemantik, 1(2), 134-143.

Tobing, D. S. K., & Ardhyansyah, G. (2022). Sosialisasi UMKM dan Pembuatan Label Produk Sebagai Program Pengembangan Umkm Lokal Desa Sumbersari Kabupaten Bondowoso. Jurnal Pengabdian Masyarakat Applied, 1(2), 85-95.

Zefriyenni, Z., Eliza, E., Azka, B. P., & Lusiana, L. (2022). PENGEMBANGAN UMKM BERBASIS DIGITAL PADA UMKM BATU GADANG KECAMATAN LUBUK KILANGAN PADANG. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.