PENGEMBANGAN INOVASI DAN STRATEGI MARKETING UMKM SOLO HANDMADE CARPET MELALUI PROGRAM KKN DI KELURAHAN JAGALAN, SURAKARTA
Abstract
Dalam persaingan pasar di era globalisasi modern, pengembangan inovasi menjadi bekal utama yang diperlukan oleh suatu bisnis untuk menjaga keeksistensiannya. Untuk menjangkau pasar yang lebih luas pun diperlukan digitalisasi market berbasis pemanfaatan teknologi. Berlandaskan hal tersebut, pelaku bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Jagalan yaitu Solo Handmade Carpet berkolaborasi dengan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 94 Universitas Sebelas Maret melakukan pengembangan inovasi serta pendampingan strategi marketing pada UMKM Solo Handmade Carpet. Mahasiswa KKN terjun secara langsung ke lokasi UMKM untuk melakukan wawancara, observasi, dan pendampingan. Dampak dari pelaksanaan kegiatan ini adalah terciptanya desain produk baru sebagai salah satu wujud inovasi dan kreatifitas. Di sisi lain, adanya tampilan web dan sosial media yang baru juga diharapkan menambah kesan positif bagi para konsumen. Selain itu, dilakukan pula pendampingan digital marketing melalui marketplace berupa TikTok dan Shopee yang diharapkan dapat menjadi batu loncatan bagi UMKM untuk menggapai pasar yang lebih luas.
Full Text:
PDFReferences
Dulwahab, E. (2016). Rebranding Dakwah Di Media Televisi. ANIDA, Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah, 15 (2) 299-316.
Rizvanovi´c, B., Zutshi, A., Grilo, A., and Nodehi, T. (2023). Linking the potentials of extended digital marketing impact and start-up growth: Developing a macro-dynamic framework of start-up growth drivers supported by digital marketing. Technological Forecasting & Social Change, 156 (3) 1-24.
Su, J., Zhang, Y., and Wu, X. (2023). How market pressures and organizational readiness drive digital marketing adoption strategies' evolution in small and medium enterprises. Technological Forecasting & Social Change, 193 (4) 1-15.
Wibowo, H., Santoso, M. B., and Setiawan, S. A. (2021). Inovasi Sosial Pada Praktik Kewirausahaan Sosial Di Yayasan Al-Barokah Kota Banjar. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 3 (2) 210-218.
Puspadini, Mentari. (2023, 2 Mei). “64 Juta UMKM Mau Naik Kelas, Rahasia Bisnisnya Terungkap.” CNBC Indonesia. Diakses dari :https://www.cnbcindonesia.com/entrepreneur/20230502063313-25-433533/64-jutaumkm-mau-naik-kelas-rahasia-bisnisnya-terungkap
Refbacks
- There are currently no refbacks.