UPAYA PENINGKATAN LITERASI DIGITAL PADA MASYARAKAT DESA KLASEMAN, KECAMATAN GATAK, KABUPATEN SUKOHARJO, PROVINSI JAWA TENGAH
Abstract
Kecepatan perkembangan teknologi yang terjadi saat ini membutuhkan keterampilan menggunakan teknologi itu sendiri. Literasi digital menjadi sangat vital dimiliki oleh semua kalangan untuk dapat memanfaatkan kemudahan-kemudahan yang ditawarkan dan untuk menghindari penipuan-penipuan yang juga marak terjadi di dalamnya. Kelompok KKN UNS 189 yang mengusung tema Literasi Digital di Desa Klaseman, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo melaksanakan berbagai program sosialisasi dan pelatihan sebagai bentuk pemberdayaan setiap elemen masyarakat. Penulisan yang menggunakan metode penulisan deskriptif kualitatif ini menjabarkan berbagai program kerja yang memiliki fokus dalam mencegah kejahatan siber, peningkatan literasi finansial, pelatihan digitalisasi administrasi desa, pelatihan editing, dan pelatihan penggunaan aplikasi cegah stunting. Melalui teori stakeholders, program kerja dalam tulisan ini berfokus untuk menjamah pemangku kebijakan di tingkat desa supaya tercipta relasi top-down. Akan tetapi, sosialisasi dan pelatihan yang dilakukan ini berhasil memberikan manfaat kepada hampir seluruh lapisan masyarakat termasuk perangkat desa, tenaga pendidik, ibu-ibu, maupun pemuda pemudi di Desa Klaseman. Berbagai sosialisasi dan pelatihan dilakukan sebagai bentuk pemberdayaan keberlangsungan yang erat dan berkelanjutan karena dekat dengan kegiatan dan kebutuhan setiap elemen Desa Klaseman meskipun KKN 189 tidak melaksanakan tugas lagi.
Full Text:
PDFReferences
Agustini, P. (2023, February 2). Indeks Literasi Digital Indonesia Kembali Meningkat Tahun 2022. Ditjen Aptika. https://aptika.kominfo.go.id/2023/02/indeks-literasi-digital-indonesia-kembali-meningkat-tahun-2022/
Alexandromeo. (2021, December 7). Apa itu Canva? Pengertian, Fitur, dan Cara Menggunakannya . Makinrajin Blog. https://makinrajin.com/blog/canva-adalah/
Augustin, J., Worokinasih, S., & Darmawan, A. (2020). PERAN MEDIASI FINANCIAL BEHAVIOUR PADA FINANCIAL LITERACY TERHADAP FIRM PERFORMANCE. Profit, 14(2), 92–103. https://doi.org/10.21776/ub.profit.2020.014.02.11
Lavinda. (2023, May 16). APJII: Pengguna Internet Indonesia 215 Juta Jiwa pada 2023, Naik 1,17% - Teknologi Katadata.co.id. Katadata. Retrieved September 1, 2023, from https://katadata.co.id/lavinda/digital/646342df38af1/apjii-pengguna-internet-indonesia-215-juta-jiwa-pada-2023-naik-1-17
Nur, M., & Priantinah, D. (2012). Analisis Faktor-Fakor yang Mempengaruhi. Jurnal Nominal, I(1), 24.
Purnama, A. (2021, December 17). Primaku Hadir Memberikan Solusi Tumbuh Kembang Anak. TrenAsia. https://www.trenasia.com/prima-ku-solusi-orang-tua-cegah-stunting-pada-anak
Ramailis, N. W. (2020, Juni 15). CYBER CRIME DAN POTENSI MUNCULNYA VIKTIMISASI PEREMPUAN DI ERA TEKNOLOGI INDUSTRI 4.0. Sisi Lain Realita, 5(1), 1-20. doi.org/10.25299/sisilainrealita.2020.vol5(01).6381
Suherdi, D. (2021). Peran Literasi Digital di Masa Pandemik. Cattleya Darmaya Fortuna,.
Wahyu, Golar, & Massiri, S. D. (2019). Analisis Kepentingan Stakeholder dalam Program Pemberdayaan Masyarakat di Hutan Desa Namo Kecamatan Kulawi. Jurnal Forestsains, XVI(2), 105 - 116.
Refbacks
- There are currently no refbacks.