PERAN MAHASISWA KULIAH KERJA NYATA (KKN) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN SEBAGAI WUJUD PENGABDIAN DI KAMPUNG NIRBITAN TIPES
Abstract
Kelompok KKN 74 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan bertempat di Kampung Nirbitan, Kelurahan Tipes, Kecamatan Serengan, Kota Surakarta merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat. KKN ini dilaksanakan selama 45 hari sejak tanggal 17 Juli hingga 25 Agustus 2023. Kegiatan utama yang dilakukan yaitu asistensi mengajar serta kegiatan tambahan lain. Kegiatan KKN ini bertujuan untuk mengupayakan peningkatan kualitas pendidikan terutama di Kampung Nirbitan. Metode pelaksanaan KKN ini terdiri dari kegiatan survey atau observasi serta perencanaan kegiatan. Kegiatan yang dilakukan mahasiswa KKN mendapat sambutan dan respon yang cukup baik dari pihak terkait. Hal ini ditunjukkan dengan adanya kerjasama antara mahasiswa KKN dengan pihak terkait, seperti guru, masyarakat desa, serta pihak kelurahan. Kegiatan KKN ini diharapkan dapat memberikan manfaat baik bagi masyarakat, guru, serta pihak terkait maupun bagi mahasiswa KKN.
Full Text:
PDFReferences
Adriansyah, M. A., Sofia, L., & Rifayanti, R. (2019). Pengaruh Pelatihan Pendidikan Lingkungan Hidup terhadap Sikap Peduli Anak akan Kelestarian Lingkungan. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 5(2), 86-106. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v5i2.2281
Amirudin, A. (2017). Pendidikan Seksual pada Anak Dalam Hukum Islam. Wahana Karya Ilmiah, 1(01).
Antonio, M.S. (2015). Bank Syariah dari Teori ke Praktek. Jakarta: Gema Insani.
Cahyono, H. (2019). Peran Mahasiswa di Masyarakat. De Banten-Bode: Jurnal Pengabdian Masyarakat Setiabudhi. Vol 1 (1). STKIP Setiabudi.
Gunawan. (2012). Petunjuk Pelaksanaan Sosialisasi Terpadu. Jakarta: Depdiknas.
Hasanah, U., Apriani, A., Rahmadani, T.A., dkk. (2022). Optimalisasi Peran Mahasiswa KKN Sebagai Tenaga Pendidik dalam Meningkatkan Pendidikan di Desa Bandar Kuala. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(9), 3275-3283. Doi: 10.31604/jpm.v5i9.3275-3283.
Hijrah, L., Arransyah, M.F., Putri, K., dkk. (2021). Pelatihan Penggunaan Canva Bagi Siswa di Samarinda. Jurnal Pelayanan Masyarakat, 3(1), 98-106.
Limantara, D., Waluyanto, H.D., & Zacky, A. (2015). Perancangan Board Game Untuk Menumbuhkan Nilai-Nilai Moral Pada Remaja. Jurnal Desain Komunikasi Visual Adiwarna, 1(6), 9.
Kurnianingsih, I., Rosini, & Ismayanti, N. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi. JPKM, Vol 3(1), 61- 76.
Republik Indonesia. 2012. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Jakarta.
Rosdiana, A.M. (2020). Sosialisasi Gerakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah pada Anak Usia Sekolah Dasar. Pages 1-11.
Setianingsih, R., Prihantoro, A. E., & Hustinawaty. (2019). Model Penguatan Literasi Digital Melalui Pemanfaatan E-Learning. ASPIKOM, 1200-1214.
Sholichah, A. S. (2018). Teori-Teori Pendidikan Dalam Al-Qur’an. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 7(01), 23. https://doi.org/10.30868/ei.v7i01.209.
Siswoyo, D. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Thompson, J., Berbank-Green., & Cusworth, N. (2007). Game Design: Principles, Practices, and Techniques-The Ultimate Guide for the Aspiring Game Designer. Hoboken: Quatro Publishing.
Yulianti, Y. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Membangun Generasi Emas Indonesia. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(1), 28-35.
Yusefni, E., Syurya, H.R., & Sari, R.P. (2022) Edukasi Pencegahan Masalah Triad KRR pada Remaja di Kecamatan Naggalo Kota Padang. Prosiding Seminar Nasional Poltekkes Jakarta III 2022, 202-208.
Refbacks
- There are currently no refbacks.