PERANCANGAN FASILITAS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) RAMAH ANAK MELALUI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
Abstract
Pendidikan merupakan modal utama bagi setiap individu untuk menghadapi masa depan. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebagai pendidikan tahap awal berfungsi untuk mengembangkan potensi dan membentuk karakter anak. Pada tahap ini, guru membantu pertumbuhan dan perkembangan fisik, kecerdasan, kognitif, bahasa, dan sosio emosional anak. Proses pendidikan tersebut perlu didukung fasilitas yang memadai dan sesuai dengan kondisi fisik serta mental anak. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu Yayasan Gugah Nurani Indonesia untuk menyediakan fasilitas PAUD yang ramah anak bagi masyarakat di desa Pendoworejo, yaitu fasilitas PAUD Tunas Harapan dan Ananda Ceria. Saat ini fasilitas yang tersedia masih bersifat minim dan non-permanen. Penyediaan fasilitas PAUD menggunakan metode pemberdayaan masyarakat, baik dalam proses perumusan kebutuhan, proses perancangan bangunan maupun proses pembangunan. Metode pemberdayaan diimplementasikan melalui pertemuan dan diskusi rutin dengan anggota masyarakat yang berkepentingan, untuk menyerap aspirasi masyarakat dan memanfaatkannya sebagai pedoman dan bahan baku bagi proses perancangan dan pembangunan fasilitas PAUD. Partisipasi masyarakat dalam proses perancangan dan pembangunan, diharapkan mampu membentuk dan memperkuat rasa memiliki dan tanggungjawab mereka atas fasilitas PAUD tersebut. Fasilitas PAUD terbangun diharapkan menjadi sarana pendidikan yang kontekstual, dalam arti tanggap terhadap kebutuhan dan karakter masyarakat setempat, serta berkelanjutan, mampu mewadahi aktivitas pendidikan di masa kini dan masa depan.
Full Text:
PDFReferences
American Society of Civil Engineers, 2016. Minimum Design Loads and Associated Criteria for Buildings and Other Structures ASCE 7-16. Virginia: American Society of Civil Engineers.
Badan Standardisasi Nasional, 2019. Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Struktur Bangunan Gedung dan Non Gedung SNI 1726-2019. Jakarta: BSN.
Botero, A., Hyysalo, S., Kohtala, C., & Whalen, J. 2020. Getting participatory design done: From methods and choices to translation work across constituent domains. International Journal of Design, 14(2), 17-34.
Luck, R. 2018. [Editorial] What is it that makes participation in design participatory design? Design Studies, 59, pp. 1–8.
Myriad Research Committed, 2018. Baseline Study of Gugah Nurani Indonesia’s Community Development Project in Indonesia. Yogyakarta: Myriad Research Committed.
Pedoman Standar Ruang Bermain Ramah Anak, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Tahun 2021
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi. 2009. Peta Zona Kerentanan Gerakan Tanah Kabupaten Kulon Progo, D. I. Yogyakarta. Bandung: Badan Geologi
Rahardjo, W., Sukandarrumidi, dan Rosidi, H. M. D. 1995. Peta Geologi Lembar Yogyakarta, Jawa. Bandung: Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi
Scott, S. 2010. Architecture for Children. ACER (Australian Council for Education Research) Press.
Woolner, P. 2009. Building Schools for the Future through a participatory design process: exploring the issues and investigating ways forward. BERA2009, 1-17.
Refbacks
- There are currently no refbacks.