PENINGKATAN POTENSI AKADEMIK PADA ANAK DAN EDUKASI TANGGAP COVID-19 DI DESA KARANGAYU, KECAMATAN CEPIRING, KENDAL
Abstract
Pada bulan Juni 2020 lalu pemerintah Indonesia telah menetapkan era New Normal. Berbagai kebijakan di era New Normal telah ditetapkan salah satunya adalah pembiasaan protokol kesehatan yang akan selalu menjadi pertimbangan vital dalam pelaksanaan segala sektor kegiatan. Universitas Sebelas Maret (UNS) menjadikan hal ini sebagai poin utama dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNS Tematik Integratif periode Januari-Februari 2021. Mahasiswa digerakkan untuk melaksanakan KKN secara berkelompok di domisili masing-masing dengan di bawah arahan dosen pembimbing. Meski telah memasuki era New Normal, pemerintah masih menerapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Untuk membantu kebijakan pemerintah tersebut mahasiswa KKN UNS mengadakan program kegiatan pengaktifan gardu baca dan pendampingan belajar di RT 01 RW 04 Desa Karangayu, Cepiring, Kendal Jawa Tengah. Kegiatan KKN ini bertujuan untuk mewadahi minat belajar serta membantu anak dalam memahami materi pembelajaran. Kegiatan ini sangat bermanfaat sehingga anak lebih semangat belajar. Dalam upaya meningkatkan pemahaman masyarakat terkait covid-19 di era New Normal, tim KKN juga memiliki sejumlah program kegiatan. Program kegiatan KKN dilakukan dengan metode pemberian edukasi terkait Covid-19 secara offline. Program kegiatan KKN yang dilaksanakan antara lain pembiasaan perilaku positif; edukasi Covid-19 kepada masyarakat melalui MMT dan poster secara offline; pelatihan pembuatan dispenser air tanpa sentuh. Program kegiatan KKN ini berdampak positif bagi masyarakat. Melalui kegiatan ini masyarakat menjadi sadar akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah serta menerapkan hidup sehat.
Full Text:
PDFReferences
Kathriningrum, Sri Diana. 2020. Mewujudkan Pojok Baca. SMP N 276 Jakarta
LPMP DKI Jakarta.2020. Lentera Edukasi Lembar Informasi Teraktual Edisi VII/2020. Jakarta
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020).
Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12.
Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2020). Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633-640.
Refbacks
- There are currently no refbacks.