PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING UNTUK PARA GURU SMA NEGERI 2 SURAKARTA
Abstract
Pandemi Covid-19 yang datang secara tiba-tiba mengakibatkan para guru tidak mempunyai persiapan yang cukup dan mengalami kesulitan dalam melakukan adaptasi pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi informasi. Sebagai salah satu wujud pengabdian kepada masyarakat, maka tim pengabdi dari grup riset Pure Mathematics and Applications Universitas Sebelas Maret merasa perlu untuk meberikan solusi dalam bentuk pelatihan pengembangan media pembelajaran daring untuk para guru. Pengabdian ini bekerjasama dengan SMA Negeri 2 Surakarta dan bertujuan untuk melakukan pemberdayaan para guru melalui inovasi pembelajaran menggunakan teknologi informasi. Tim pengabdi melakukan pelatihan serta pendampingan kepada para guru supaya dapat memanfaatkan berbagai aplikasi untuk membuat atau mengembangkan media pembelajaran daring yang menarik dan mudah difahami. Pelatihan pengembangan media pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan efektifitas pembelajaran jarak jauh. Hasil pengabdian berupa pelatihan, akan dievaluasi sejauh mana para guru mampu menguasai materi yang telah diajarkan. Kegiatan pelatihan pembuatan media pembelajaran di SMA Negeri 2 Surakarta dirasakan sangat bermanfaat oleh peserta dan diharapkan dapat berkelanjutan.
Full Text:
PDFReferences
Abidin, dkk. (2013). Pembangunan Media Pembelajaran Teknik Komputer Jaringan Kelas X Semester Ganjil pada Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Bangsa Pati Berbasis Multimedia Interaktif. IJNS( Indonesian Journal on Networking and Security), 4(3), 1-6.
Azhar Arsyad. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Adeliyanti, S., Suharto, & Hobri. (2018). Pengembangan e-comic matematika berbasis teknologi sebagai suplemen pembelajaran pada aplikasi fungsi kuadrat. Kadikma, 9(1), 123–130.
Daryanto (2016). Media Pembelajaran, 2. Yogyakarta: Gava Media.
Latuheru, J. D. (1998). Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini. Jakarta: Depdikbud.
Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 224– 232.
Refbacks
- There are currently no refbacks.