PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DUSUN DUNGSARI DENGAN METODE BELAJAR TEMAN SEBAYA

Heru Agustanto, Aulia Anjani, Ackmad Ilham

Abstract

Kegiatan pengabdian mesyarakat berupa pendampingan belajar siswa ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar pada anak – anak Dusun Dungsari. Pendampingan belajar melibatkan wali murid usia dini, ketua RW, dan ketua RT setempat di Dukuh Dungsari Desa Karangbangun.  Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan melalui metode focus group discussion, penyuluhan kepada wali murid, pelaksanaan bimbingan belajar dengan metode teman sebaya. Pendampingan belajar oleh mahasiswa KKN UNS dilaksanakan dua kali seminggu selama masa KKN. Partisipasi dan antusias siswa–siswi dalam kegiatan ini sangat baik. Dampak dari kegiatan bimbingan belajar dengan metode teman sebaya ini mampu meningkatkan rasa minat siswa dari usia pendidikan anak usia dini, Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) terhadap belajar. Kegiatan bimbingan belajar dengan metode teman sebaya ini disambut baik walimurid dan memberikan peningkatan minat belajar siswa, bahkan orangtua siswa memfasilitasi kegiatan mengutarakan kesenangannya. Pasca masa KKN UNS selesai diharapkan kegiatan ini dapat dilanjutkan oleh teman–teman Karangtaruna Dusun Dungsari .

Full Text:

PDF

References

Febianti, Y. N. (2019). Peer Teaching (Tutor Sebaya) Sebagai Metode Pembelajaran Untuk Melatih Siswa Mengajar. Edunomic Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 2(2), 80–86.

http://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/edunomic/article/view/63/61

Indasari, S. R., Wijaya, A. W. A. W., Layuk, M., Sambo, M. S., & Indrawati, M. (2020). Buku Saku Dukungan Psikososial Bagi Guru & Siswa Tangguh di Masa Pandemi Covid-19.Wahana visi Indonesia, 1–26. https://wahanavisi.org/userfiles/post/2010055F7AA525E16B6_LGID.pdf

Ismainar. (2015). No TitleÉ?__. Ekp, 13(3), 1576–1580.

Lutvaidah, U. (2016). Keefektifan Strategi Pembelajaran antara Metode Tutor Sebaya dengan Metode Tanya Jawab dalam Pengajaran Remidial Materi Fungsi Limit. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(3), 266–275. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i3.998

Popkewitz, T.S. 1994. “Profesionalization in teaching and teacher education : some notes on its history, idiology, and potential”. Journal of Teaching and Teacher Education, 10 (10) 1-14.

Puspitasari, Y., Rais, R., & Kiswoyo, K. (2019). Studi Kasus Tentang Metode Tutor Sebaya Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 177. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17769

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705

Refbacks

  • There are currently no refbacks.