PENDIDIKAN DAN KREATIVITAS SEBAGAI MODEL PENGABDIAN MAHASISWA UNS DI DESA MAKAMHAJI PADA MASA PANDEMI COVID-19

Bambang Harjito, Ulya Alicia Islamei, Satria Novian Primadana

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan proses pembelajaran bagi mahasiswa melalui pengabdian kepada masyarakat. KKN Tematik Integratif ini bertempat di Desa Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo. Kegiatan KKN bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Desa Makamhaji mengenai pentingnya pendidikan, pengetahuan, serta kreativitas di era pandemi serta meningkatkan kreativitas masyarakat melalui berbagai progam kerja yang telah disusun. Kegiatan kuliah kerja nyata dilakukan menggunakan metode focus group discussion, pendampingan belajar, belajar kreatif, diskusi, serta evaluasi kegiatan. Partisipasi dan antusiasme kelompok mitra dalam melakukan kegiatan sangat baik, terutama kelompok ibu-ibu dan anak-anak. Kelompok mitra berkontribusi secara aktif terutama dalam  kegiata pendidikan Dampak dari kegiatan yang dilakukan yaitu mampu meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, dan kreativitas  kelompok mitra terutama ibu-ibu dan anak-anak yang berpartisipasi aktif dalam kegiatan kuliah kerja nyata di Desa Makamhaji. Kegiatan pendampingan belajar anak-anak di Desa Makamhaji sangat bermanfaat dan diharapkan dapat berkelanjutan.

Full Text:

PDF

References

Anwar, Surya, 1982. Dampak Kuliah Kerja Nyata (KKN) dalam masyarakat Desa. Kasus KKN UNDIP di Sumatera Barat (Disertasi)

Kegiatan Penelitian Fundamental, Riset Andalan Perguruan Tinggi dan Industri, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdiknas

Slamet, Margono, 1992. Penyuluhan Pembangunan Indonesia Menyongsong abad XXI. PT. P ustakan Pembangunan Swadaya Nusantara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.