PENDAMPINGAN PENYUSUNAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL MELALUI MEDIA DIGITAL SOLUSI PENILAIAN PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI MADRASAH IBTIDAIYAH YURJA
Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat melalui pendampingan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan guru-guru dalam mengembangkan instrumen penilaian sikap sosial siswa pada saat pandemi covid 19, di Madrasah Ibtidaiyah Yurja Cakung Barat Jakarta Timur. Kegiatan pengabdian dilaksanakan melalui metodeĀ focus group discussion, praktek penyusunan instrumen penilaian sikap sosial melalui medias digital, pendampingan, serta evaluasi kegiatan. Partisipasi dan antusiame guru-guru Madrasah Ibtidaiyah Yurja dalam kegiatan sangat baik, kelompok mitra berkontribusi aktif dalam pengadaan keperluan pendampingann serta aktif berbagi pengalaman dalam menyusun instrumen penilaian sikap sosial. Dampak dari kegiatan pendampingan mampu meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan guru-guru Madrasah Ibtidaiyah Yurja dalam menyusun instrumen penilaian sikap sosial siswa melalui media digital. Kegiatan pendampingan penyusunan instrumen penilaian sikap sosial melalui media digital, di Madrasah Ibtidaiyah Yurja Cakung Barat Jakarta Timur sangat bermanfaat karena dapat memotivasi dan membantu guru-guru mengatasi kesulitan melakukan penilaian sikap sosial pada pembelajaran daring dan diharapkan dapat berkelanjutan.
Full Text:
PDFReferences
Gable, Robert K. 1986. Instrument Development In The Affective Domain. Newyork: Springer Science+Business Media, LLC
Mardapi, Djemari. 2018. Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Parama Publishing
Amaliyah .Ahmad Hakam. Suci Nurpratiwi., 2021 Model Penilaian Sikap Sosial Siswa Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Melalui Pendekatan Survey Karakter Dan Media Digital, Jurnal Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 5 (2), No 2, 237-238
Refbacks
- There are currently no refbacks.