PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN KREATIF PADA PELAJAR DI RW 01 KECAMATAN PUCANGSAWIT, KELURAHAN JEBRES, KOTA SURAKARTA

Sahirul Alim Tri Bawono, Almira Nurfi Hafizah

Abstract

Kegiatan pendampingan belajar kreatif bertujuan untuk meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan jiwa kompetitif anak-anak usia sekolah di RW 01, Kelurahan Pucangsawit, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta. Kegiatan dilaksanakan secara offline dengan metode mengajar kelas model les yang dilaksanakan secara kreatif. Partisipasi anak-anak dalam kegiatan sangat baik, ditandai dengan tingginya antusias anak-anak mulai dari usia 4 tahun (belum bersekolah) hingga anak yang menduduki bangku Sekolah Menengah Pertama. Kegiatan ini juga disambut baik oleh warga (bapak ibu) RW 01 Pucangsawit, ditandai dengan kesediaan beliau meminjamkan pos ronda RT 4 RW 01 Pucangsawit sebagai lokasi kegiatan. Dampak yang dihasilkan dari kegiatan pendampingan belajar kreatif adalah anak-anak dapat merasa bahagia karena dapat mengekspresikan kreatifitas mereka melalui lukisan, mengikuti game yang mengasah motorik, bersosialisasi dengan teman sebayanya dengan tetap menjaga protokol kesehatan secara ketat, serta mempersiapkan anak-anak untuk kembali produktif beraktifitas setelah pandemi mereda. Kegiatan pendampingan belajar kreatif di RW 01 Kelurahan Pucangsawit sangat bermanfaat dan dampak yang dihasilkan diharapkan dapat berkembang secara berkelanjutan.

Full Text:

PDF

References

Arslan, A. 2014. A study into the effects of art education on childern at the socialisation process. Procedia-Social and behavioral Science 116 (2014) 4414-4118. Doi: 10.1016/j.sbspro.2014.01.900

Lincolnshire Community Health Services. 2018. 1st Move A Gross and Fine Motor Skills Resource. Lincolnshire County Council. https://www.incolnshirecommunityhealthservices.nhs.uk/our-services/childerns-services/childerns-theraphy-services/first-move

Liu, S., Eermolieva, T., Cao, G., Chen, G., & Zheng. 2021. Analyzing the Effectiveness of COVID-19 Lockdown Policies Using the Time-Dependen Reproduction Number and the Regression Discontinuity Framework: Comparison between Countries. Eng. Proc. 2021, 5, 8. https://doi.org/10.3390/engproc202105008

Fernandes, B., Biswas, U., Mansukhani, R., Vallejo, A., & Essau, C. 2020. The Impact of COVID-19 lockdown on internet use and escapis in adolescents. Doi: 10.21134/rpcna.2020.mon.2056

Nalbandian, A., Sehgal, K., Gupta, A. et al. 2021 . Post-Acute COVID-19 Syndrome. Nat Med 27, 601-615. https://doi.org/10.1038/s41591-021-01283-z

Sampurno, M. B. T. 2017. Learning through children’s paintings. Proceeding of 2nd International Conference of Arts Language and Culture, 405-413.

Schleicher, A. 2020. The Impact of COVID-19 on education insights from education at a glance 2020.

UNICEF(A). 2020. COVID-19 and its implications for protecting childern online.

UNICEF(B). 2020. Guidance for Covid-19 Prevention and Control in Schools.

WHO. 2021. WHO Coronavirus (COVID-19) Dashboard. Https://covid19.who.int/. diakses pada Kamis, 17 September 2021 pada 16.20 WIB.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.