PERAN ORANG TUA DALAM PENGEMBANGAN ETIKA PEMBELAJARAN DAN PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR SELAMA PANDEMI DI DESA JATIPURWO, KABUPATEN WONOGIRI
Abstract
Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak Covid-19, sehingga proses pembelajaran dilaksanakan secara daring atau Study From Home. Dengan adanya kebijakan belajar dari rumah, maka pembelajaran dilakukan dengan memanfaatkan media teknologi. Hal ini mengakibatkan anak mengalami interaksi yang intens terhadap gadget dan akan mempengaruhi perkembangan etika anak. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya peran orang tua dalam pengembangan etika pembelajaran dan penggunaan gadget pada anak sekolah dasar selama pembelajaran dari rumah di tengah pandemi Covid-19. Kegiatan pengabdian masyarakat ini untuk membantu meringankan keterbatasan masyarakat Desa Jatipurwo dalam menghadapi dampak pandemi Covid-19 khususnya pada bidang pendidikan, seperti pendampingan belajar, sosialisasi etika pembelajaran daring dan sosialisasi pentingnya pengawasan orang tua dalam penggunaan gadget pada anak. Pelaksanaan kegiatan dilakukan secara tatap muka dan daring menggunakan video yang diunggah pada platform media sosial. Partisipasi orang tua dan anak-anak sekolah dasar dalam kegiatan luring maupun daring sangat baik. Dampak dari kegiatan pengabdian yaitu anak-anak sekolah dasar mendapatkan bimbingan belajar gratis dan orang tua juga dapat mengetahui pentingnya peran dalam pengembangan etika dan penggunaan gadget pada anak.
Full Text:
PDFReferences
Alwasilah, A. C. 2002. Pokoknya Kualitatif: Dasar-Dasar Merancang dan Melakukan Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Jaya.
Asdiqoh, S. 2018. Peran Orang Tua Dalam Pemahaman Etika Sosial Anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2): 307-331.
Azizah, I. N. 2021. The Role of Parents in Optimizing Gadgets for Children’s Learning During the COVID-19 Pandemic. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 16(1): 133-147.
BBC. 2020. Coronavirus: Window of Opportunity to Act, World Health Organization Says. Retrieved from https://www.bbc.com/news/world-asiachina-51368873 on 19 September 2021.
Chun, D., Kern, R., dan Smith, B. 2016. Technology in Language Use, Language Teaching, and Language Learning. The Modern Language Journal, 100(1): 64-80.
Harfiyanto, D., Utomo, C. B., dan Sanjoto, T. B. 2015. Pola Interaksi Sosial Siswa Pengguna Gadget di SMA N 1 Semarang. Journal of Educational Social Studies, 4(1): 1-5.
Hartati, T. 2019. Peran Orang Tua Dalam Membina Akhlak Anak Usia 5-10 Tahun (Studi Di Desa Pendingan Kecamatan Muara Lakitan Kabupaten Musi Rawas). Jurnal PAI Raden Patah, 1(2): 139-151.
Irawan, A. W., Dwisona, D., dan Lestari, M. 2020. Psychological Impacts of Students on Online Learning During the Pandemic COVID-19. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (EJournal), 7(1): 53–60.
Jaelani, A., Fauzi, H., Aisah, H., dan Zaqiyah, Q. Y. 2020. Penggunaan Media Online dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar Pai Dimasa Pandemi Covid-19 (Studi Pustaka dan Observasi Online). Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(1): 12-24.
Maharani, L. 2014. Perkembangan Moral Pada Anak. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 1(2): 93–98.
Rahman, M. M. 2013. Peran Orang Tua Dalam Membangun Kepercayaan Diri Pada Anak Usia Dini. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2): 373-388.
Sundus, M. 2018. The Impact of Using Gadgets on Children. Journal of Depression and Anxiety, 7(1): 1-3.
Susanto, E., dan Suyadi, S. 2020. The Role of Parents' Attention in the Moral Development of Children in the Amid of COVID-19 Pandemic. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(3): 355-359.
Unantenne, N. 2014. Mobile Device Usage Among Young Kids: A Southeast Asia Study. The Asian Parent Insight. Retrieved from https://s3-ap-southeast-1.amazonaws.com/tap-sg-media/theAsianparent+Insights+Device+Usage+A+Southeast+Asia+Study+November+2014.pdf on 20 September 2021.
Refbacks
- There are currently no refbacks.