PERBAIKAN POS RONDA MENJADI POJOK BACA GUNA MENINGKATKAN PENDIDIKAN ANAK DI DESA GEDANGAN

Muhammad Sabandi, Arya Adi Bintoro, Astri Nurmala Sari, Aura Shalsabilla, Aurys Riliya Mardova, Berlian Ayu Rismawati Sugiarto, Brelyan Amelia Jayaningtyas, Diah Nursita, Fudiana Lailaturrohmah, Irfan Muhammad Budiargo

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memperbaiki sarana dan prasarana yang ada di dusun Ngemplak, desa Gedangan agar dapat dimanfaatkan kembali oleh warga masyarakat setempat dan lebih layak untuk digunakan. Selain itu juga bertujuan untuk memberikan fasilitas dalam bidang pendidikan yang berupa tempat belajar sekaligus bermain bagi anak-anak. Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan dengan 3 tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan. Pengabdian masyarakat ini bekerjasama dengan karang taruna Dusun Ngemplak, Desa Gedangan yaitu Persatuan Pemuda-Pemudi Milenium (P3M) Ngemplak. Pelaksanaan kegiatan pengabdian berlokasi di Ngemplak RT 3/RW 3, Gedangan, Grogol, Sukoharjo, yang dimulai sejak tanggal 9-26 Agustus 2021. Anak-anak desa Gedangan sangat antusias dengan adanya pojok baca, dimana mereka dapat belajar, membaca buku, dan bermain bersama dengan teman-temannya. Harapan dibentuknya program kerja pojok baca yaitu mampu meningkatkan budaya literasi bagi anak-anak desa Gedangan dan dapat menjadi contoh serta dorongan kepada masyarakat khususnya para pemuda untuk turut menjadi sukarelawan dalam memajukan pendidikan di desa Gedangan, mengingat saat ini pendidikan merupakan salah satu aspek penting yang masih terdampak oleh adanya pandemi Covid-19. Dampak dari adanya pojok baca ini membuat anak-anak desa Gedangan menjadi lebih bersemangat ketika belajar untuk menggapai cita-cita. Kegiatan pojok baca ini sangat bermanfaat dan diharapkan dapat terus berlanjut.

Full Text:

PDF

References

Hasan, H. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Model Contextual Teaching and Learning pada Era New Normal. Indonesian Journal of Educational Development, 1(4): 1-11.

Mus’ad., Saputra, R. A., Isnaini, F. N., Istifadah, R. U., Khairiyah, S., Maulana, A., Khaerati, F. N., Mamluah, A. H., Januardi, F., dan Dwi, M. L. 2019. Pengadaan Gardu Baca melalui Pos Ronda Setempat Padukuhan Widoro, Kanigoro, Saptosari, Gunung Kidul. Prosiding Konferensi Pengabdian Masyarakat, 1: 177-179.

Nafrin, I. A. dan Hudaidah, H. 2021. Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2): 456-462.

Patiung, D. 2016. Membaca sebagai Sumber Pengembangan Intelektual. Al Daulah: Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 5(2): 352-376.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.