PEMASARAN PRODUK MELALUI MEDIA DIGITAL DI ERA PANDEMI COVID-19 BAGI UMKM SERABI JAWA DI DESA PASIRAMAN LOR, KECAMATAN PEKUNCEN KABUPATEN BANYUMAS, PROVINSI JAWA TENGAH

Nidyah Widyamurti, Khairul Fuadi, Wulandari Palupi

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat melalui KKN Tematik Integratif UNS di Desa Pasiraman  Lor, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah tahun 2021 ini  dilakukan dengan memberikan pelatihan pemasaran melalui media digital untuk UMKM  Serabi Jawa di tengah era pandemi Covid-19. Pelatihan diawali dengan pemahaman dan  edukasi tentang ekonomi lokal berbasis teknologi digital di era Pandemi Covid-19 dan  dilanjutkan dengan pelatihan fotografi produk dan teknik pemasaran dengan media digital.  Melalui kegiatan ini diharapkan UMKM Serabi Jawa tidak hanya mampu meningkatkan  usahanya semata, tetapi juga mempunyai pengetahuan tentang pengelolaan usaha berbasis  kearifan lokal dengan dukungan penguasaan teknologi digital untuk menggiatkan kegiatan  pemasarannya. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan metode participatory  rural appraisal (PRA) yang mendorong masyarakat pedesaan agar dapat berpatisipasi  dalam menggali pengetahuan mereka tentang kehidupan dan lingkungan mereka, serta  membuat rencana dan tindakan sebagai aksi untuk memberdayakan diri. Pemberdayaan ini  akan membawa dampak kemajuan bagi desa tersebut di masa yang akan datang.

Full Text:

PDF

References

(i) Jurnal

Ananda, A. D., & Susilowati, D. 2017. Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Industri Kreatif di Kota Malang. Jurnal Ilmu Ekonomi JIE, Vol.1, No.1, pp.120- 142.

Handajani, L. dkk. 2019. Penggunaan Pemasaran Digital pada Usaha Home Industri Kopi Lombok di Desa Sigerongan Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Abdi Insani LPPM Universitas Mataram. Vol.6, No.3, pp.409-421

Fadhilah, D. Dan Pratiwi, T. 2021. Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing (Studi Kasus pada Kelompok Usaha Kremes Ubi di Desa Cibunar, Kecamatan Rancakalong, Sumedang). Jurnal Ilmiah Manajemen. Vol 12, No.1, pp.17- 22.

Hudayana, B. dkk. 2019. Participatory Rural Appraisal (PRA) untuk Pengembangan Desa Wisata di Pedukuhan Pucung, Desa Wukirsari, Bantul. Jurnal Bakti Budaya. Vol.2, No.2, pp.99-112.

Sofyan, H. dan Toriq, I. 2018. Peran Media Digital dalam Perkembangan Industri Kreatif”. Prosiding Festival Riset Ilmiah Manajemen dan Akuntansi. pp.676-681

Sunardhi, W. 2018. Pembelajaran Mahasiswa KKN Terintegrasi PPM Universitas Padjajaran dalam Menyampaikan Prototipe Hasil Penelitian Program Acedemic Leadership Grant kepada Masyarakat Pengguna dan Calon Pengguna. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Padjajaran. Vol 2 No 9. pp. 780-783

Yasmin A, Tasneem S, Fatema K. 2015. Effectiveness of Digital Marketing in the Challenging Age: An Empirical Study. International Journal of Management Science and Business Administration, Vo.1, No.5, pp.69-80.

(ii) Buku

Adisasmita, R. 2013. Pembangunan Perdesaan: Pendekatan Partisipatif, Tipologi, Strategi, Konsep Desa Pusat Pertumbuhan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kamil, A. 2015. Industri Kreatif Indonesia: Pendekatan Analisis Kinerja Industri. Media Trend, Vol.10, No.2, pp.207-225.

Koesuma, S. dkk. 2018. Panduan Kuliah Kerja Nyata Tematik Pengurangan Risiko Bencana. Bandung: FTP PRB

Koesuma, S. dkk. 2020. Buku Panduan KKN Tematik Covid-19. Bandung: FTP

PR Marlinah, L. 2019. Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Melalui Penguatan Sektor Ekonomi Digitalpreneur dan Creativepreneur. Ikra-Ith Ekonomika, Vol.2, No.1, pp.32-38.

Sarfiah, S. N., Atmaja, H. E., & Verawati, D. M. 2019. UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), Vol.4, No.2, pp.137- 146.

Sayekti, Nidya W. 2018. Tantangan Pekembangan Ekonomi Digital di Indonesia. Info Singkat: Bidang Ekonomi dan Kebijakan Publik. Vol.10, No.05, pp.19-24.

Universitas Sebelas Maret (UNS). 2013. Pedoman Penyelenggaraan Kuliah Kerja Nyata Universitas Sebelas Maret, SK Rektor 579/UN27/PP.2013

(iii) Artikel

Kominfo. 2019. Perkembangan Ekonomi Digital di Indonesia, Strategi dan Sektor Potensial, Kementrian Komunikasi dan Informatika. Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Aplikasi Informatika dan Informasi dan Komunikasi Publik Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.