PENGARUH PELATIHAN DARING PRAKTIK RETORIKA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERAMAH SISWA KELAS XI SMK NUSANTARA 02 KESEHATAN

Dwi Septiani, Rerin Maulinda, Desi Karolina Saragih, Aryani Aryani

Abstract

Berkaitan dengan masa pandemi virus Covid-19 dan melihat fakta tersebut, Program Studi Sastra Indonesia tetap melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) daring dengan berjudul“PelaƟ-
han Daring PrakƟk Retorika dalam Keterampilan Menulis Teks Ceramah Siswa Kelas XI Di SMK Nusantara
02 Kesehatan”. Kegiatan yang dilaksanakan pada 7 s.d. 11 September 2020 dengan media Google Meet.
Kegiatan ini diikuƟ sekitar 50 siswa kelas XI dan 4 guru pendamping. Selain pelaƟhan, dilaksanakan juga
PeneliƟan Tindakan Kelas (PTK) berjudul “Pengaruh PelaƟhan Daring PrakƟk Retorika terhadap Keterampilan Menulis Teks Ceramah Siswa Kelas XI SMK Nusantara 02 Kesehatan”. Ada dua variabel: pelaƟhan
daring prakƟk retorika sebagai variabel bebas (X) dan keterampilan menulis teks ceramah siswa sebagai
variabel terikat (Y). Tujuan dari peneliƟan ini adalah untuk menganalisis pengaruh pelaƟhan daring prak-
Ɵk retorika terhadap keterampilan menulis teks ceramah siswa kelas XI di SMK Nusantara 02 Kesehatan.
Metode peneliƟan ini adalah metode survei dengan analisis regresi korelasi sederhana. Dalam peneliƟan
ini, ada 50 responden atau para siswa kelas XI SMK Nusantara 02. pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket secara daring kepada 50 responden setelah kegiatan pelaƟhan selesai. Analisis
data menggunakan staƟsƟka deskripƟf. Hasil peneliƟan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan antara pelaƟhan retorika daring (X) terhadap variabel keterampilan menulis teks ceramah (Y).
Variabel PelaƟhan Retorika Daring (X) mempunyai nilai t hitung = 9,079 dan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan
secara posiƟf memberikan konstribusi sangat sebesar 75,2% terhadap variabel Keterampilan Menulis
Teks Ceramah (Y).

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.