- TEMPLATE
Pengaruh Kombinasi Guided Imagery dan Musik Klasik Terhadap Tingkat Kecemasan Mahasiswa Menjelang Objective Structured Clinical Examination (OSCE)
Abstract
ABSTRAK
Pendahuluan: Objective Structured Clinical Examination (OSCE) merupakan metode untuk menguji kompetensi klinik secara obyektif dan terstruktur dalam bentuk putaran station dengan waktu tertentu. OSCE memunculkan perasaan takut, tegang, gelisah, sulit berkonsentrasi dan gangguan pencernaan pada mahasiswa. Guided Imagery yang dipadukan dengan intrumen musik klasik merupakan salah satu cara mengurangi kecemasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Guided Imagery terhadap tingkat kecemasan mahasiswa menjelang OSCE.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental kuasi dengan pretest-posttest control group design. Sampel penelitian adalah seluruh mahasiswa aktif semester pertama (angkatan 2019) Prodi Sarjana Keperawatan STIKes Mitra Husada Karanganyar sejumlah 32 orang dengan kriteria belum pernah mendapatkan terapi relaksasi Guided Imagery dan baru pertama kali menempuh OSCE. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Subjek penelitian dibagi menjadi dua kelompok, yakni kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Kelompok perlakuan mendapatkan terapi kombinasi guided imagery dengan musik klasik selama 5 hari berturut-turut menjelang waktu pelaksanaan OSCE dengan durasi waktu 20 menit. Pengaruh guided imagery terhadap tingkat kecemasan dianalisis menggunakan uji statistik t independent.
Hasil: Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan rata-rata antara tingkat kecemasan pada kelompok eksperimen pretest 62.19±1.83 dan posttest 54.88±1.78. Kelompok kontrol rata-rata pretest 62.50±2.22 dan posttest 63.00±1.93. Nilai p (CI 95%) < 0.05 (p=0.00) yang menunjukkan adanya pengaruh signifikan Guided Imagery terhadap penurunan tingkat kecemasan.
Kesimpulan: terdapat pengaruh siginifikan pemberian kombinasi guided imagery dengan musik klasik terhadap penurunan tingkat kecemasan mahasiswa semester pertama program studi keperawatan menjelang OSCE.
Kata kunci: Guided Imagery, tingkat kecemasan, OSCE
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Malfasari E, Devita Y, Erlin F, Filer F. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecemasan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir Di Stikes Payung Negeri Pekanbaru. J Ners Indones. 2019;9(1):124. doi:10.31258/jni.8.2.124-131
Utami TW, Astuti YS, PH L. Hubungan Kecemasan Dengan Depresi Pada Anak Sekolah Dasar. J keperawatan STIKes Kendal. 2017;9(1):1-5.
Risma GB. Kecemasan dalam Objective Structured Clinical Examination (OSCE). Agromed Unila. 2015;2(4):419-424.
Putri Amir D, Iryani D, Isrona L. Hubungan Tingkat Kecemasan dalam Menghadapi Objective Structured Clinical Examination (OSCE) dengan Kelulusan OSCE pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. J Kesehat Andalas. 2016;5(1):139-144. doi:10.25077/jka.v5i1.458
Brown LA, Forman EM, Herbert JD, Hoffman KL, Yuen EK, Goetter EM. A randomized controlled trial of acceptance-based behavior therapy and cognitive therapy for test anxiety: A pilot study. Behav Modif. 2011;35(1):31-53. doi:10.1177/0145445510390930
Alghifari MM, Hartono, Randhita ABT. Studi Kualitatif Kecemasan pada Mahasiswa Kedokteran saat Menghadapi Objective Structured Clinical Examination (OSCE). Nexus Pendidik Kedokt Dan Kesehat. 016;5(2):145-160.
Mårtensson G, Löfmark A. Implementation and student evaluation of clinical final examination in nursing education. Nurse Educ Today. 2013;33(12):1563-1568. doi:10.1016/j.nedt.2013.01.003
Furlong E, Fox P, Lavin M, Collins R. Oncology nursing students’ views of a modified OSCE. Eur J Oncol Nurs. 2005;9(4):351-359. doi:10.1016/j.ejon.2005.03.001
Bedewy D, Gabriel A. The Development and Psychometric Assessment of a Scale to Measure the Severity of Examination Anxiety among Undergraduate University Students. Int J Educ Psychol. 2013;2(1):81-104. doi:10.4471/ijep.2013.19
Yang RJ, Lu YY, Chung ML, Chang SF. Developing a short version of the test anxiety scale for baccalaureate nursing skills test - A preliminary study. Nurse Educ Pract. 2014;14(6):586-590. doi:10.1016/j.nepr.2014.05.007
Rush S, Ooms A, Marks-Maran D, Firth T. Students’ perceptions of practice assessment in the skills laboratory: An evaluation study of OSCAs with immediate feedback. Nurse Educ Pract. 2014;14(6):627-634. doi:10.1016/j.nepr.2014.06.008
Oranye NO, Ahmad C, Ahmad N, Bakar RA. Assessing nursing clinical skills competence through objective structured clinical examination (OSCE) for open distance learning students in Open University Malaysia. Contemp Nurse. 2012;41(2):233-241. doi:10.5172/conu.2012.41.2.233
Shaddri I, Dharmayana IW, Sulian I. Penggunaan teknik guided imagery terhadap tingkat kecemasan siswa mengikuti aktivitas konseling kelompok. J Ilm BK Onsilia. 2018;1(3):68-78.
Prabu PK, Subhash J. Guided Imagery Therapy. IOSR J Nurs Heal Sci. 2015;4(5):56-58. doi:10.4135/9781483346502.n162
Apóstolo JLA, Kolcaba K. The Effects of Guided Imagery on Comfort, Depression, Anxiety, and Stress of Psychiatric Inpatients with Depressive Disorders. Arch Psychiatr Nurs. 2009;23(6):403-411. doi:10.1016/j.apnu.2008.12.003
Nuwa MS, Kiik SM. Pengaruh Spiritual Guided Imagery and Musci terhadap Kecemasan Pasien Kanker yang Menjalani Kemoterapi. J Ners dan kebidanan. 2020;7(1):095-106. doi:10.26699/v7i1.ART.p095
Kaur M, Thapar K, Saini P, Mishra. Effect of Guided Imagery on Test Anxiety Among Nursing Original Research Article. Int J Dev Res. 2017;7(12):17409-17412.
Pietra J. Intervensi Guided Imagery Untuk Menurunkan Kecemasan Performa Musikal Pada Siswa-Siswi Yang Mengalami Kecemasan Performa Musikal. J Psychol Sci Prof. 2019;3(2):83. doi:10.24198/jpsp.v3i2.21546
Aizid. Sehat Dan Cerdas Dengan Terapi Musik: Menyehatkan Tubuh Mencerdaskan Otak. Laksana; 2011.
Hawari D. Manajemen Stres Cemas Dan Depresi. FK UI; 2013. doi:10.1088/1751-8113/44/8/085201
Musbikin I. Kehebatan Musik Untuk Mengasah Kecerdasan Anak: Mengenal Cara Kerja Dan Pengaruh Musik Untuk Kehebatan Anak Anda. Power Books (Ihdina); 2009.
Refbacks
- There are currently no refbacks.