Kelas Ibu Hamil Merubah Persepsi Budaya Pantang Makan Ibu Hamil Di Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati

Risna Annisa Mardiyati

Abstract

Pendahuluan: Status gizi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kehamilan. Banyak wanita yang tidak mengetahui manfaat zat gizi bagi kehamilan. Masyarakat masih percaya adanya  hubungan antara makanan tertentu dengan kesehatan ibu hamil serta bayi yang dikandungnya. Hal inilah yang menjadikan tugas tenaga kesehatan untuk mengedukasi ibu hamil salah satunya dengan kelas ibu hamil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelas ibu hamil terhadap pandangan mitos pantang makan di Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati.

Metode: Penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data menggunakan teknik wawancara Focus Group Interview (FGI) dan kuesioner sebagai pendukung wawancara. Penelitian ini memilih 18 responden kelas ibu hamil yang dibagi menjadi 3 kelompok focus group interview yang tinggal di Desa Sambirejo, Desa Wonorejo, dan Desa Regaloh, Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati pada bulan Maret 2018.

Hasil:  Hasil penelitian terbagi menjadi 3 tema yaitu pengaruh kelas hamil terhadap ibu hamil tentang pengetahuan dan sikap mitos pantang makan selama kehamilan, pengaruh kelas hamil terhadap pengetahuan dan sikap suami ibu hamil dan pengaruh kelas hamil terhadap  sikap serta pengetahuan keluarga ibu hamil.

Simpulan:  Kelas ibu hamil berpengaruh terhadap pengetahuan ibu hamil di Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati namun belum sampai merubah sikap mereka terhadap mitos pantang makan

Keywords

pantang makan, kelas hamil, ibu hamil

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.