Efektivitas Penggunaan Kombinasi Media Audio Visual dan Booklet dibanding Media Booklet terhadap Pengetahuan Toilet Training pada Ibu yang Memiliki Balita

mayasari kurnianingsih

Abstract

ABSTRAK

 

Toilet training perlu diperkenalkan secara dini untuk mengantisipasi reflek pengeluaran urin dan feses bayi pada waktu yang tepat. Di Indonesia, kegagalan toilet training menyebabkan 3-5% balita menderita ISK. Toilet training juga menyebabkan diaper rush, dan gangguan psikologi pada balita. Peran orang tua sangat berpengaruh terhadap keberhasilan toilet training. Tujuan penelitian ini adalah mencari media promosi kesehatan yang efektif terhadap pengetahuan toilet training pada ibu balita.

      Jenis penelitian ini quasi eksperimen dengan rancangan penelitian pretest and posttest with control group design. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Jumlah sampel penelitian ini 66 orang dibagi menjadi dua kelompok, kelompok perlakuan (audio visual disertai booklet) dan kelompok kontrol (booklet). Alat ukur penelitian menggunakan kuisioner. Paired sampel t-test dan independent sampel t-test digunakan untuk menganalisis data.

      Terjadi peningkatan rerata pengetahuan toilet training setelah diberi perlakuan pada kelompok audio visual disertai booklet sebesar 9,68 dan p_value 0,00 serta pada kelompok kontrol booklet dengan rerata 8,85 dan p_value 0,00 (p<0,05). Selain itu, terdapat peningkatan skor rerata pengetahuan yang lebih tinggi pada kelompok audio visual disertai booklet dibandingkan dengan kelompok booklet (p=0,031). Promosi kesehatan toilet training dengan media audio visual disertai booklet lebih efektif dibandingkan dengan media booklet

Keywords

booklet, media audio visual, toilet training

Full Text:

PDF

References

DAFTAR PUSTAKA

AAP (American Academy of Periodontology). 1999. International

Workshop for a Classification of Periodontology Diseases and Conditions. Papers. Oak Brook. Illionois. October 30-November 2. Ann Periodontal 1999. 4:i, 1-112.

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/10896458

Fahimzad, A., Taherian, M., Dalirani, R., Shamsiri, A. 2010. Diaper type

as a risk factor in urinary tract infection of children. Iran J Pediatr. Mar; 20:97-100.

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3446007/

Dinas Kesehatan Yogyakarta. 2016. Profil Kesehatan Provinsi Yogyakarta. Yogyakarta.

Wong. 2008. Buku Ajar Keperawatan Pediatrik WONG. alih bahasa: Hartono. Jakarta: EGC.

Whaley dan Wong, 2000. Buku Ajar Keperawatan Pediatrik. edisi 2 Jakarta: EGC.

Irawan. 2003. Pendekatan Mutu dan Kepuasan Pelanggan dalam Pelayanan Kesehatan. Program Pasca Sarjana UNHAS.

Brazelton T. 8., Dr. 2003. Born to be Genius. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Hidayat, Aziz Alimul. 2005. Pengantar Ilmu Keperawatan Anak. Jakarta: Salemba Medika.

Moreno, R., & Ortegano-Layne, L. 2008. Do classroom exemplars promote the application of principles in teacher education. A comparison of videos, animation, and naratives. Education Tech Research

Dev: Springer. 56. P. 449-465.

Jha B N, G D Sharma & A K Shukla. 2008. Effect of ectomycorrhizal development on growth in pine seedlings. Journal of Plant Science 3(1): 77-84. [ISSN: 1816-4951, Academic journals, USA].

https://www.researchgate.net/publication/270105259_36_Jha_B_N_G_D_Sharma_A_K_Shukla_2008_Effect_of_ectomycorrhizal_development_on_growth_in_pine_seedlings_Journal_of_Plant_Science_31_77-84_ISSN_1816-4951_Academic_journals_USA

Duran, E. 2006. Teaching English Learners in Inclusive Classrooms. Charles C Thomas Publisher. Illinois. hal 73.

Edelman , C.L., & Mandle,C.L. 2006. Health Promotion Throughout The Life Span, seventh edition. St.Louis, Missouri: Mosby.

Mokodongan M, wantania J dan Wagey. Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Keputihan dengan Perilaku Pencegahan Keputihan Pada Remaja Putri. [Jurnal e-Clinic (eCI)]. 3(1). Januari-April 2015.

http://download.portalgaruda.org/article.php?article=291819&val=1001&title=HUBUNGAN%20TINGKAT%20PENGETAHUAN%20TENTANG%20KEPUTIHAN%20DENGAN%20PERILAKU%20PENCEGAHAN%20KEPUTIHAN%20PADA%20REMAJA%20PUTRI

Ammelda. 2012. Pengaruh Modeling Media Video dan Gambar Terhadap Peningkatan Kemampuan Toilet Training Pada Anak Toddler. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada

Rosiana Wahyu Probowati. 2014. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Toilet Training Anak Usia 1-3 Tahun Terhadap Pengetahuan Ibu Di Desa Sambon Banyudono Boyolali. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Devi Septianingrum. 2015. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Cuci Tangan dengan Media Audio visual dan Leaflet terhadap Pengetahuan Cuci Tangan Anak SD di Kota Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada

Maya Angela. 2015. Perbandingan Perubahan Anak Usia 10-12 tahun pada Promosi Kesehatan Gigi dan Mulut antara Metode Ceramah dengan Media poster dan Metode Diskusi dengan Media Booklet dan Audio visual. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Srimiyati. 2014. Pengaruh Pendidikan Menggunakan Booklet Terhadap Pengetahuan dan Gejala Kecemasan Wanita Menopause (Tesis). Yogyakarta: Magister Keperawatan UGM.

Hujair AH. Sanaky. 2011. Media Pembelajaran Buku Pegangan Guru dan Dosen. Yogyakarta: Kaukaba.

Ekayani, Luh Putu Karsi. 2015. Efektivitas Penyuluhan dengan Audio Visual Terhadap Keberhasilan Toilet Training Pada Anak Umur 2-3 Tahun. Banjar: FK Udayana.

Mujahidatul, Beny. 2014. Public Health Journal. Universitas Negeri Semarang.

https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jhealthedu/announcement/view/16

Indanah, dkk. 2014. Pemakaian Diapers Dan Efek Terhadap Kemampuan Toilet Training Pada Anak Usia Toddler. STIKES Muhammadiyah Kudus: Jawa Tengah. JIKK Vol. 5. No. 3 : 62.

https://id.scribd.com/document/342428269/jurnal-toilet-traning-pdf

Refbacks

  • There are currently no refbacks.