Literature Review: Computational thinking dalam pembelajaran IPAS Sekolah Dasar

Roy Ardiansyah, Idam Ragil Widianto Atmojo, Joko Tri Widianto

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan analisis komprehensif tentang computational thinking dalam pembelajaran IPAS Sekolah Dasar. Desain penelitian berupa review terhadap jurnal yang terbit dalam sinta 6 hingga sinta 1 dalam kurun waktu 2010-2024.  Menurut berbagai sumber literatur, computational thinking atau dikenal dengan istilah computational thinking merupakan suatu kemampuan yang berkaitan dengan kemampuan untuk memecahkan masalah dan membangun solusi dengan menggunakan dasar-dasar ilmu komputer yang melibatkan proses penalaran logis dalam upaya memecahkan masalah, serta membuat suatu prosedur atau sistem menjadi lebih mudah dipahami. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa computational thinking dalam pembelajaran IPAS dapat melatih peserta didik berpikir secara terstruktur, kreatif, logis, serta meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan literasi kaitannya dalam ranah sains. Computational thinking dalam pembelajaran IPAS dapat membantu peserta didik dalam pembelajaran aktif-mandiri, pendekatan sistematis-logis untuk matematika dan sains, serta mempersiapkan menghadapi tantangan di era modern. Computational thinking juga bermanfaat bagi guru dalam membimbing peserta didik menyelesaikan masalah secara efektif yang berpengaruh pada prestasi belajar.

Keywords

computational thinking, IPAS, Sekolah dasar, Literatur Review

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.