Pengaruh Model Role Playing Berbantuan Media Giatorys untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Pembelajaran IPAS SD
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adnyana, K. S., & Yudaparmita, G. N. A. (2023). Peningkatan Minat Belajar IPAS Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 61.
Ambarwati, Y., Apriandi, D., & Panidi. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Pada Kurikulum Merdeka Melalui Model Pembelajaran Role Playing. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasarasar, 8(1,2), 149–200.
Farida, S. N., Sudarti, & Aggraeni, F. K. A. (2022). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Dalam Pembelajaran Suhu Dan Kalor Melalui Metode Praktikum. Fondatia : Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 90–103.
Girsang, L. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa. Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI), 1(2), 74–83.
Hidayah, R., & Pujiastuti, P. (2016). Pengaruh Pbl Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Kognitif Ipa Pada Siswa Sd. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 186–197.
Khoimatun, Dewi, R. A. K., & Atri. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Aktivitas Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas Iv Uptd Sd Negeri 1 Karangkerta. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 6477–6488.
Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. In Bintang Sutabaya (1st Ed.). Bintang Sutabaya.
Kurniasari, A. A., Nugroho, A. S., Umam, N. K., & Subayani, N. W. (2023). Peningkatan Keterampilan Komunikasi Dengan Metode Pembelajaran Role Playing Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal On Education, 5(3), 8582–8591.
Rilfa, Dkk. (2023). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sdn 1 Nglongsor Pada Mata Pelajaran Ipas Materi Jual Beli. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 88–100.
Said. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas VI SD 2 Padurenan. Ilmiah Kependidikan, 2(1), 9–17.
Saputro, M. B., Hilyana, F. S., & Ardianti, S. D. (2016). Pengaruh Model Role Playing Berbantuan Media Kartu Bergambar Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Ipa Siswa Kelas V Sdn 1 Klumpit. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An 10, 01(2), 1–23.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. (19th Ed.). Alfabeta.
Ubudiyah, I., & Hosanah, R. (2023). Penerapan Metode Role Playing ( Bermain Peran ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipas Materi Kegiatan Ekonomi Peserta Didik Kelas IV C UPTD SDN Demangan 1 Bangkalan. INNOVATIF : Journal Of Social Science Research, 3(2), 4435–4444.
Wahyuni, F., Daniah, & Oviana, W. (2023). Upaya Peningkatan Keterampilan Proses Sains Pembelajaran Ipa Siswa Kelas V Melalui Model Inkuiri Terbimbing Di Sdn 02 Keumumu Aceh Selatan. FITRAH : International Islamic Education Journal, 5(1), 84–104.
Wardani, H. K. (2022). Pemikiran Teori Kognitif Piaget Di Sekolah Dasar. Khazanah Pendidikan: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 16(1), 7–19. Yuwanto, L. (2019). Metode Penelitian Eksperimen (2nd Ed.). Graha Ilmu.
Refbacks
- There are currently no refbacks.