Pengaruh Model Role Playing Berbantuan Media Giatorys untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Pembelajaran IPAS SD

Fenita Oktaviani Rachmat

Abstract

Keterampilan proses sains sangat penting untuk dikembangkan dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPA karena hal ini akan memberikan bekal bagi siswa untuk memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Rendahnya keterampilan proses sains siswa sekolah dasar menjadi latar belakang penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model role playing berbantuan media giatorys terhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran IPA dan IPA di sekolah dasar; dan untuk mengetahui apakah keterampilan proses sains siswa yang mendapat pembelajaran IPA dengan model role playing berbantuan media giatorys lebih baik dibandingkan siswa yang mendapat pembelajaran IPA dengan model pembelajaran Discovery. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan jumlah subjek sebanyak 52 siswa. Diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh pembelajaran yang menerapkan model role playing berbantuan media pendidikan terhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran IPA dan IPA di sekolah dasar; 2) Terdapat peningkatan keterampilan proses sains siswa yang memperoleh pembelajaran IPA dengan model role playing berbantuan media giatorys lebih baik dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran IPA dengan model pembelajaran Discovery.

Keywords

Kata Kunci: Model Role Playing, Media Giatorys, Keterampilan Proses Sains.

References

Adnyana, K. S., & Yudaparmita, G. N. A. (2023). Peningkatan Minat Belajar IPAS Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 61.

Ambarwati, Y., Apriandi, D., & Panidi. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Pada Kurikulum Merdeka Melalui Model Pembelajaran Role Playing. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasarasar, 8(1,2), 149–200.

Farida, S. N., Sudarti, & Aggraeni, F. K. A. (2022). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Dalam Pembelajaran Suhu Dan Kalor Melalui Metode Praktikum. Fondatia : Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 90–103.

Girsang, L. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa. Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI), 1(2), 74–83.

Hidayah, R., & Pujiastuti, P. (2016). Pengaruh Pbl Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Kognitif Ipa Pada Siswa Sd. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 186–197.

Khoimatun, Dewi, R. A. K., & Atri. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Aktivitas Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas Iv Uptd Sd Negeri 1 Karangkerta. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 6477–6488.

Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. In Bintang Sutabaya (1st Ed.). Bintang Sutabaya.

Kurniasari, A. A., Nugroho, A. S., Umam, N. K., & Subayani, N. W. (2023). Peningkatan Keterampilan Komunikasi Dengan Metode Pembelajaran Role Playing Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal On Education, 5(3), 8582–8591.

Rilfa, Dkk. (2023). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sdn 1 Nglongsor Pada Mata Pelajaran Ipas Materi Jual Beli. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 88–100.

Said. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas VI SD 2 Padurenan. Ilmiah Kependidikan, 2(1), 9–17.

Saputro, M. B., Hilyana, F. S., & Ardianti, S. D. (2016). Pengaruh Model Role Playing Berbantuan Media Kartu Bergambar Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Ipa Siswa Kelas V Sdn 1 Klumpit. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An 10, 01(2), 1–23.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. (19th Ed.). Alfabeta.

Ubudiyah, I., & Hosanah, R. (2023). Penerapan Metode Role Playing ( Bermain Peran ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipas Materi Kegiatan Ekonomi Peserta Didik Kelas IV C UPTD SDN Demangan 1 Bangkalan. INNOVATIF : Journal Of Social Science Research, 3(2), 4435–4444.

Wahyuni, F., Daniah, & Oviana, W. (2023). Upaya Peningkatan Keterampilan Proses Sains Pembelajaran Ipa Siswa Kelas V Melalui Model Inkuiri Terbimbing Di Sdn 02 Keumumu Aceh Selatan. FITRAH : International Islamic Education Journal, 5(1), 84–104.

Wardani, H. K. (2022). Pemikiran Teori Kognitif Piaget Di Sekolah Dasar. Khazanah Pendidikan: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 16(1), 7–19.

Yuwanto, L. (2019). Metode Penelitian Eksperimen (2nd Ed.). Graha Ilmu.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.