Pengembangan buku cerita rakyat rembang dalam pembejalaran keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV sekolah dasar

Zubaral Hadid, Mohammad Kanzunnudin, Irfai Fathurohman

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena alasan kemampuan membaca pemahaman siswa Kelas IV belum sesuai target yang diharapkan. Bahan ajar pembelajaran membaca kurang menarik sehingga siswa bosan. Pembelajaran masih terpusat pada guru meskipun telah menggunakan Kurikulum 2013. Kreativitas guru dalam membuat atau menentukan media belajar kurang sesuai minat siswa.  Bahan ajar yang digunakan dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman kurang menarik minat siswa. Guru belum bisa memaksimalkan daya konsentrasi siswa yang sebentar dengan pembelajaran yang efektif membuat kemampuan membaca pemahaman siswa belum tercapai optimal. Metode penelitian adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk penelitian eksperimen dengan desain Non Equivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data dengan tes. Subyek penelitian adalah siswa di SDN 1 Sidomulyo Sedan Rembang, SDN 1 Sedan Rembang dan SDN 1 Menoro Rembang. Teknik sampling dengan purposive sampling. Analisa data menggunakan uji Paired Sample Test. Hasil analisa efektivitas didapatkan nilai sig sebesar 0,000 < 0,05 sehingga menunjukkan adanya pengaruh efektivitas atau dengan kata lain Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa Pengembangan Buku Cerita Rakyat Rembang efektif dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV. 

Keywords

Buku, Cerita Rakyat, Keterampilan Membaca Pemahaman

Full Text:

PDF

References

UU RI, “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional,” Jakarta., 2003.

Tarigan, Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa, 2014.

S. Elliot, Educational Psychology: Effective Teaching, Effective Learning. USA: Mc Graw Hill, 2018.

Taufina, Sumber Belajar Penunjang PLPG Kompetensi Profesional Mata Pelajaran: Guru Kelas SD Unit I: Bahasa Indonesia. Jakarta.: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, 2017.

Dalman, Keterampilan Membaca. Jakarta.: PT Rajagrafindo Persada, 2018.

Hamdani, Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia, 2012.

R. Guslinda dan Kurnia, Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: CV. Jakad, 2018.

Rusman, Model-Model Pembelajaran. Jakarta.: PT. Raja Grafindo Persada, 2018.

I. Nugraheni, “Media Buku Cerita untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar,” J. Pendidik., 2(1), 322–329, 2019.

S. Apriliani, “Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar,” J. Basicedu, 4(4), 994–1003, 2020.

Astawa, “Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Berbasis Buku Cerita Terhadap Minat Baca Dan Hasil Belajar Membaca Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V Sd Gugus III Kecamatan Abang,” E-Journal Progr. Pascasarj. Univ. Pendidik. Ganesha Progr. Stud. Pendidik. Dasar, 5(1), 2015.

A. Fatimah, “Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Rakyat Soppeng Dalam Pembelajaran Bahasa Daerah Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Liliriaja Kabupaten Soppeng,” J. Pendidik., 2017.

A. Kuncoro, “Pengembangan Buku Cerita Bergambar Tentang Permainan Tradisional Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar,” J. Pendidik., 1(4), 1–12, 2018.

R. Noviana, Eddy & Bakri, “Implementasi Bahan Ajar Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Berbasis Kearifan Lokal di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Buantan Besar Kecamatan Siak Kabupaten Siak,” J. Prim. Progr. Stud. Pendidik. Guru Sekol. Dasar Fak. Kegur. dan Ilmu Pendidik. Univ. Riau, 4(1), 1–11, 2015.

I. Rizky, “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN Denasri Wetan 03 Kecamatan Batang,” J. Pendidik., 2(3), 2020.

M. Farenda, “Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Literasi Pembelajaran Sainsdi Sekolah Dasar,” J. Pendidik., 2018.

N. Zainab, “Pengembangan Buku Cerita Bergambar Bahasa Jawa Untuk Meningkatakan Keterampilan Menulis Dan Berbicara Siswa Kelas II MI Sabilul Huda Senden Peterongan Jombang,” 2017.

A. Dharma, “Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar Dengan Insersi Budaya Lokal Bali Terhadap Minat Baca Dan Sikap Siswa Kelas V SD Kurikulum 2013,” J. Lesson Learn. Stud., 2(1), 1–12, 2019.

S. N. Aini, “Analisis Kemampuan Baca Tulis Melalui Media Pembelajaran Cerita Rakyat Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar,” Deiksis, 13(2), 197–203, 2021.

G. Wahyuningsih, A., & Kiswaga, “The effectiveness of CIRC learning model and PQ4R learning model on reading comprehension skills of elementary school students,” J. Prima Edukasia, 7(1), 82–93, 2019.

P. D. Duke, N. K, & Pearson, “Effective practices for developing reading compre-hension,” J. Educ., 189(1)107–122, 2017, [Online]. Available: org/10. 1177/0022057409189001-%0A208.

E. K. Y. Loh, “Picture storybooks in teaching chinese as a second language,” Comp. Lit. Cult., 18(2), 2016.

E. Mulyaningsih, S. Hidayah & Zubaidah, “Pengaruh Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Dan Hasil Belajar Siswa,” LITERA, 20(3), pp. 446–464, 2021.

B. Nurgiyantoro, Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Bahasa. Yogjakarta: Gadjah Mada University Press, 2018.

& Taniredja, T., Faridli, E. M. and S. Harmianto, Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta, 2015.

D. Sugiarto, “Perancangan Buku Cerita Bergambar Tentang Batik Druju Untuk Anak Sekolah Dasar,” J. Pendidik., 2(1), 2020.

N. Tarigan, “Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas IV Sekolah Dasar,” J. Curere, 2(2), 2018.

Suryani, “Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Membaca Pemahaman Literal Berbasis Literasi Kitab Kuning Mahasiswa Program Studi Pbsi Stkip Nurul Huda Sukaraja,” Geram (Gerakan Aktif Menulis), 8(2), 2020.

A. Pertiwi, “Study Deskriptif Proses Membaca Permulaan Anak Usia Dini,” J. Pendidik. Anak, 5(1), 2016.

S. Rahmawati, Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Pendekatan Whole Lenguage Pada Materi Cerita Rakyat Untuk Kelas V SD. 2018.

norbertus dheno Wicaksono, “pengembangan buku cerita bergambar berbasis karakter kedisplinan lingkungan hidup untuk pembelajaran membaca siswa kelas III SD Negeri Adisucipto 2 Yogyakarta tahun pelajaran 2017/2018,” Skripsi, 2019.

Roslina, “The effect of picture story books on students’ reading,” Adv. Lang. Lit. Stud., 8(2), 213–221, 2017.

M. T. Primasari, Ardiana & Hidayat, “Efektivitas Penggunaan Media Belajar Buku Cerita Bergambar terhadap Pemahaman Literasi Membaca Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar,” J. Basicedu, 6(4), 24–33, 2022, [Online]. Available: https://jbasic.org/index.php/basicedu.

A. Nugraheni, I., Harsiati, T., & Qohar, “Media Buku Cerita untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar,” J. Pendidik., 4(1), pp. 322–329, 2019.

I. Aprinawati, “Penggunaan Model Peta Pikiran (Mind Mapping) Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Wacana Siswa Sekolah Dasar,” J. Basicedu, 2(1), 140–147, 2018, [Online]. Available: https://doi.org/https://doi.org/%0A10.31004/basicedu.v2i1.132.

E. Susilowati, “Meningkatkan Minat Baca Anak Kelompok B dengan Media Buku Cerita Bergambar di TK. Fajar Surabaya,” J. Pendidik., 2(1), 2020, [Online]. Available: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id.

T. Astuti, “Efektivitas Media Komik Berbasis Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III SD Negeri Karundang 2,” J. Teknol. Pendidik. dan Pembelajaran, 8(2) pp. 150–164, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm/article/view/13124.

D. Nurjanah, E., & Hakim, “Pengembangan Bahan Ajar Materi Mencerna (Menyimak Cerita Anak) Berbasis Cerita Anak Majalah Bobo pada Siswa Kelas VI MI Darum Najah I Jatirejo Mojokerto,” J. Bid. Pendidik. Dasar, 2(1),69–83, 2018.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.