Peningkatkan kompetensi materi bangun ruang melalui metode diskusi berbantuan media tiga dimensi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V sekolah Dasar

Fitri Haryanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran Matematika pada bangun ruang dengan metode demonstrasi melalui media tiga dimensi model penampang kelas V semester 2  SD Terpadu Ma’arif Gunungpring Tahun Ajaran 2021 / 2022. Hasil penelitian ini menunjukkan siklus II dari siswa berjumlah 29 siswa yang tamapak dalam keaktifan  proses pemelajaran ada  26 siswa atau 89,65% dari jumlah siswa dan tampak kreatifitasnya ada 27 siswa atau 93,10% dari julamh siswa, dan tampak kerjasama   ada  28 siswa atau 96,55% dari jumlah siswa. Dengan demikian rata rata peranserta siswa dalam pembelajaran sudah di atas 75%. Hasil tindakan ini yang mendapat sama atau di atas KKM ada 89,65%.jadi tindakan kelas ini berhasil. perilakau tanggung jawab ada 25 siswa atau 86,20%, untuk percaya diri ada 26 siswa atau 89,65% dan kemandirian ada 27 siswa atau 93,10 %.semua sudah di atas 75%, dapat di simpiulkan perubahan perilaku dari hasil tindakan kelas ini berhasil.

Keywords

bangun ruang, ,hasil belajar, motode diskusi

Full Text:

PDF

References

Anitah, Sri, dkk. 2011. Straregi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Fright, Alex. 2009. See Insial Matematika. Jakarta: Erlangga.

Kusumawati, Tri Indah. 2014. Penerapan Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika pada Materi Bangun Ruang Kubus dan Balok Kelas IV MIN Medan Tembung Kecamatan Medan Tahun Ajaran 2014/2015. Medan: MIN Medan Tembung.

Mayadiana, Dina. 2015. Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jakarata:

Cakrawala Maha Karya.

Mulyati, Sri. 2007. Usaha Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas I Semester II Tahun Ajaran 2006/2007 Pokok Bahasan Menggunakan Nilai Tempat dalam Penjumlahan dan Pengurangan dengan Menggunakan Metode Demonstrasi dan Memanfaatkan Alat Peraga Manik-Manik di SD Perumnas Banyumanik 14 Kecamatan Banyumanik Kota Semarang. Semarang: SD Perumnas Banyumanik.

Susilorini. 2014. Meningkatkan Prestasi Belajar Materi Penjumlahan dan Pengurangan dengan Menggunakan Metode Belajar Demonstrasi pada Siswa Kelas I SDN I Bendoagung Kecamatan Kampak Trenggalek Semester II Tahun 2013/2014. Trenggalek: SDN I Bendoagung.

Team Pengembang Kurikulum KTSP. 2018. Kurikulum SD Terpadu Ma’arif Gunungpring Tahun Pelajaran 2017/2018. Muntilan: SD Terpadu Ma’arif Gunungpring.

Wardani, IGAK. 2017. Tehnik Penulisan Karya

Refbacks

  • There are currently no refbacks.