Hubungan antara bimbingan orang tua dan motivasi belajar siswa dengan hasil belajar IPS siswa di sekolah dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. T. Debrina, S. Istiyati and Yulianti, “Peningkatkan keterampilan berpikir elaboration melalui penerapan model think pair share (tps) dalam pembelajaran IPS kelas V sekolah dasar,” Dikdaktika Dwija Indria, Vol. 8, No. 01, pp. 1-7, 2020.
S. Anggarwati, J. I. S. Poerwanti and S. Wahyuningsih, “Penerapan model pembelajaran assurance, relevance, interest, assessment, and satisfaction (ARIAS) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran IPS pada peserta didik kelas IV sekolah dasar,” Dikdaktika Dwija Indria, Vol. 8, No. 04, pp. 1-7, 2020.
A. Emda, “Kedudukan Motivasi Belajar SIswa dalam Pembelajaran,” Lantanida Journal, Vol. 5, No. 2, pp. 172-182, 2017.
S. Suprihatin, “Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa,” Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, pp. 73-82, 2015.
S. E. Mawarsih, Susilaningsih and N. Hamidi, “Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri Jumapolo,” JUPE UNS, Vol. 1, No. 3, pp. 1-13, 2013.
M. Umar, “Peran Orang Tua dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak,” Jurnal Ilmiah Edukasi, Vol. 1, No. 1, pp. 20-28, 2015.
P. Suparno, Filsafat Kontruktivisme dalam Pendidikan, Yogyakarta: Kanisius, 2012, p. 61.
O. Hamalik, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2017.
A. M. Yusuf, Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan, Jakarta: KENCANA, 2017.
I. W. Pranata, R. Kristiantari and S. Putra, “Hubungan Bimbingan Belajar Orang Tua dan Konsep Diri dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus V Tampaksiring,” e-Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (Vol. 2 No. 1), pp. -, 2014.
Hasbullah, Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Rajawaki Pers, 2011.
R. K. Wardani, S. T. Slamet and J. Daryanto, “Hubungan penguasaan kosakata dan motivasi belajar dengan kemampuan menulis narasi kelas IV sekolah dasar,” Dikdaktika Dwija Indria, Vol. 8, No. 01, pp. 1-7, 2020.
G. Hamdu and L. Agustina, “Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar,” Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 12, No. 1 , pp. 81-86, 2011.
M. Basri, “Pengaruh Bimbingan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Murid Kelas IV SD Inpres Bertingkat Kecamatan Somba OPU Kabupaten Gowa,” Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Muhammadiyah Makassar, pp. 300-313, 2017.
J. M. Froiland, A. Peterson and M. L. Davison, “The Long-Term Effects of Early Parent Involvement and Parent Expectation in the USA,” School Psychology International, 34 (1), pp. 33-50, 2012.
S. Maemunawati and M. Alif, Peran Guru, Orang Tua, Metode, dan Media Pembelajaran: Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19, Serang: Penerbit 3M Media Karya Serang, 2020.
A. M. Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2016.
R. A'la, “Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Siswa,” Jurnal Madaniyah, Vol. 2, Edisi 9, pp. 242-259, 2016.
Refbacks
- There are currently no refbacks.