Pengaruh model pembelajaran inkuiri berbantuan LKPD terhadap hasil belajar pendidikan pancasila di sekolah dasar

Destia Rusmiati, Dayu Rika Perdana, Roy Kembar Habibi, Rapani Rapani

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pendidikan Pancasila siswa kelas IV di SD Negeri 1 Metro Pusat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri berbantuan LKPD terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian ini adalah desain quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 87 siswa, sampel berjumlah 58 siswa. Penentuan sampel penelitian menggunakan non-probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes berupa lembar observasi. Pengujian hipotesis menggunakan rumus regresi linier sederhana dengan hasil Fhitung > Ftabel yaitu 32,425 > 4,20 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran inkuiri berbantuan LKPD terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran pendidikan Pancasila kelas IV SD.

Keywords

inquiry learning model, learning outcomes, student worksheets, pancasila education

Full Text:

PDF

References

Aliyah, A., dan Istiqfaroh, N. 2022. Pengembangan Media Flipbook pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Fabel pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Muassis Pendidikan Dasar, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.55732/jmpd.v1i1.3

Gunardi. 2020. Inquiry Based Learning dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pelajaran Matematika. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 3(3), 2288–2294. https://jurnal.uns.ac.id/shes. https://doi.org/10.20961/shes.v3i3.57127

Meo, L., Weu, G., dan Nono, Y. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 38–52. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.101

Munte, R. S., Risnita, Jailani, M. S., dan Siregar Isropil. 2023. Jenis Penelitian Eksperimen dan Noneksperimen (Design Klausal Komparatif dan Design Korelasional). Jurnal Pendidikan , 7(3), 27602–27605. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.11128

Nurhayati, H., dan , Langlang Handayani, N. W. 2020. Analisis Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa Pembelajaran PPKn Materi Gotong Royong Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7364

Kus Eddy Sartono, E., Sekarwangi, T., dan Herwin, H. 2022. Interactive multimedia based on cultural diversity to improve the understanding of civic concepts and learning motivation. World Journal on Educational Technology: Current Issues, 14(2), 356–368. https://doi.org/10.18844/wjet.v14i2.6909

Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., Dewi, D. A., dan Furnamasari, Y. F. 2021. Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Mata Pelajaran PKn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4331–4340. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1565

Rade Mancauli Sipayung, Lisbet N. Sihombing, dan Eva Pasaribu. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 2 Di Kelas III SD Negeri 091316 Pematang Raya. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 1(2), 74–78. https://doi.org/10.57251/tem.v1i2.609

Shela, Y. P., dan Mustika, D. 2023. Sarana Prasarana, Media Pembelajaran, dan Metode Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 9(4), 2173–2180. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6127

Sinaga, S. A., Simanjuntak, M., Iii, K., Negeri, S. D., dan Onom, B. 2024. Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Pkn Kelas Iii Sd Negeri 091254 Batu Onom. 2(3), 98–108. https://doi.org/10.61722/jssr.v2i3.1272

Sugiyono. 2020. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta C, Bandung.

Yani, F., Witarsa, R., dan Masrul. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 5(1), 705–710. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.879

Yusuf, M., dan Syurgawi, A. 2020. Konsep Dasar Pembelajaran. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 1(1), 21–29. https://doi.org/10.55623/au.v1i1.3

Zamhari , Dwi Noviani, dan Zainuddin. 2023. Perkembangan Pendidikan di Indonesia. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 1(5), 01–10. https://doi.org/10.61132/morfologi.v1i5.42

Zamhari , Dwi Noviani, dan Zainuddin. 2023. Perkembangan Pendidikan di Indonesia. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 1(5), 01–10.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.