Pengaruh penerapan model discovery learning berbantuan media flipbook terhadap hasil belajar pendidikan pancasila peserta didik kelas v di sekolah dasar

Dwi Susanti, Dayu Rika Perdana, Frida Destini, Nelly Astuti

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas V SDN 5 Metro Pusat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media flipbook terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimental design dengan nonequivalent control grup design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Populasinya berjumlah 59 siswa dan sampel yang digunakan berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan non tes berupa lembar observasi. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dengan hasil Fhitung > Ftabel yaitu 19,930 > 4,41 dan nilai signifikansi 0,000 > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media flipbook terhadap hasil belajar siswa kelas V Pendidikan Pancasila SDN 5 Metro Pusat.

Keywords

discovery learning, elementary school, flipbook, learning outcomes.

Full Text:

PDF

References

[1] D. Nurfitriani, S. Istiyati, and F. P. Adi, “Implementasi pembelajaran diferensiasi pada pembelajaran pendidikan pancasila di sekolah dasar,” no. 449, hal. 98–104.

[2] W. Pratiwi, S. Hidayat, and S. Suherman, “Kurikulum Merdeka Sebagai Kurikulum Masa Kini,” JTPPm (Jurnal Teknol. Pendidik. dan Pembelajaran) Edutech Intructional Res. J., vol. 10, no. 1, hal. 80–90, 2023, doi: 10.62870/jtppm.v10i1.21407.

[3] F. Telaumbanua, “Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Berbasis E-Learning,” J. War. Ed. 62, vol. 13, no. 4, hal. 14–23, 2019.

[4] U. Sudrajat, “Model pembelajaran student teams achievement divisions (STAD) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn di kelas IV sekolah dasar,” J. Pendidik. Dasar, vol. 10, no. 1, hal. 25–32, 2022, doi: 10.20961/jpd.v10i1.62945.

[5] I. Zulaiha and Suyato, “Soal HOTS penilaian akhir tahun pendidikan pancasila dan kewarganegaraan kelas X sekolah menengah atas kabupaten Magelang tahun pelajaran 2018/2019,” J. Pendidik. Kewaraganegaraan dan Huk., vol. 10, no. 1, hal. 55–66, 2021.

[6] I. Irawati, M. L. Ilhamdi, and N. Nasruddin, “Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA,” J. Pijar Mipa, vol. 16, no. 1, hal. 44–48, 2021, doi: 10.29303/jpm.v16i1.2202.

[7] D. Shinta, R. Riyadi, and I. R. W. Atmojo, “Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Dasar, vol. 11, no. 2, hal. 170, 2023, doi: 10.20961/jpd.v11i2.79333.

[8] Y. Puspitasari and S. Nurhayati, “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa,” J. Pendidik. Dan Kewirausahaan, vol. 7, no. 1, hal. 93–108, 2019, doi: 10.47668/pkwu.v7i1.20.

[9] A. A. Sulolipu, M. Yahya, E. Rismawanti, and M. Anas, “Model Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka,” J. Pengabdi. Kolaborasi dan Inov. IPTEKS, vol. 1, no. 5, hal. 730–737, 2023, doi: 10.59407/jpki2.v1i5.118.

[10] T. Pebrianti et al., “Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bakti Indonesia Banyuwangi Model Pengelolaan Pembelajaran Kelas Rangkap ( PKR ),” hal. 126–134, 2024.

[11] D. N. Aprilutfi, “Flipbook tematik: Alternatif media pembelajaran PKN berbasis fliphtml5 di SD,” Educenter J. Ilm. Pendidik., vol. 1, no. 9, hal. 650–655, 2022, doi: 10.55904/educenter.v1i9.111.

[12] E. Erminawati, Z. A. Arief, and M. Gatot, Monograf Pengembangan Multimedia Flipbook Buku Cerita Anak. 2022. [Daring]. Tersedia pada: https://repository.penerbitwidina.com/publications/370820/monograf-pengembangan-multimedia-flipbook-buku-cerita-anak

[13] D. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Alfabeta:Bandung, 2013.

[14] D. Harlita, A. Herlina, D. W. I. Hadiyanti, and A. Saptoro, “ELEMENTARY : Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar Vol. 1 No. 3 Juli 2021,” vol. 1, no. 3, hal. 77–83, 2021.

[15] Fauzi Yusa Rahman, E. Karyadiputra, A. Setiawan, and I. Indah Purnomo, “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Buku Digital Menggunakan Flipbook Pada SDIT Sullamul ‘Ulum,” ABDINE J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 2, hal. 87–93, 2021, doi: 10.52072/abdine.v1i2.214.

[16] S. Khasinah, “Discovery Learning: Definisi, Sintaksis, Keunggulan dan Kelemahan,” J. MUDARRISUNA Media Kaji. Pendidik. Agama Islam, vol. 11, no. 3, hal. 402, 2021, doi: 10.22373/jm.v11i3.5821.

[17] A. Novianti, A. Bentri, and A. Zikri, “Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 4, no. 1, hal. 194–202, 2020, doi: 10.31004/basicedu.v4i1.323.

[18] I. Ibrohim et al., “Jurnal Educatio FKIP UNMA,” Ejournal.Unma.Ac.Id, vol. 6, no. 2, hal. 548–560, 2020, [Daring]. Tersedia pada: https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.594

[19] V. Febriani, S. Wibawa, and Marzuki, “Penggunaan Media Pembelajaran Flip Book Pada Muatan Pelajaran Pkn Kelas Iv Di Sdn Bugel,” J. Ilmu Pendidik. Dasar, vol. 09, no. 1, hal. 809–820, 2024.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.