Analisis Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas XII TBSM SMKN 1 Kalibawang

Larasati Ma’rifatunnisa

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis bagaimana motivasi belajar matematika siswa kelas XII TBSM SMKN 1 Kalibawang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMKN 1 Kalibawang dengan subjek penelitian siswa kelas XII TBSM. Penelitian dilakukan dengan cara pengisian angket terlebih dahulu kemudian dilakukan wawancara. Disimpulkan bahwa tidak ada siswa dengan motivasi rendah. Sebanyak 19 siswa diketahui memiliki motivasi belajar mamtematika yang tinggi dan sebanyak 4 siswa diketahui memiliki motivasi belajar matematika sedang,. Hasil angket diperoleh rata-rata motivasi belajar siswa kelas XII TBSM SMKN 1 Kalibawang sebesar 74.95%. Mayoritas siswa memiliki motivasi belajar yang tinggi. Hal ini menunjukkan, jika sebanyak 23 siswa kelas XII TBSM SMKN 1 Kalibawang memiliki kemauan untuk belajar pelajaran matematika. Meskipun memiliki kesulitan dalam belajar matematika. Siswa tetap semangat belajar dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru di sekolah.

 

Kata Kunci: Motivasi Siswa, Belajar, Matematika

Keywords

Motivasi Siswa, Belajar, Matematika

Full Text:

PDF

References

Adde, I. (2021). Analisis Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Selama Pembelajaran Daring. In Skripsi. Universitas Swadaya Gunung Jati.

Adiputra, S., & Mujiyati, M. (2017). Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa di Indonesia (online). Ejournal Konselor, 6(4), 150. https://doi.org/10.24036/02017648171-000

Ahmad, E. (2018). Motivasi Belajar Siswa SMK N 1 Payakumbuh dalam Pembelajaran Renang: jurnal.unimed.ac.id. 2(2), 133–139.

Amaliyah, M., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Dan Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Ipa Siswa Smp Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(1), 90–101. https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i1.33868

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.

Carnita, D. R. A. (2019). Analisis Motivasi Belajar Matematika Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika di Universitas Muhammadiyah Malang. Skripsi S1 Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Malang.

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172–183.

Ferdiyanto. (2020). Analisi Motivasi Belajar Matematika Siswa Di SMP Negeri 3 Arjasa Sumenep. Universitas Muhammadiyah Malang.

Heriyati, H. (2017). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 22–32. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1383

James, O., Jilke, S. R., & Van Ryzin, G. G. (2017). Experiments in public management research. Jurnal Challenges and Contributions, 1–530. https://doi.org/10.1017/9781316676912

Kiemer, K., Gröschner, A., Pehmer, A. K., & Seidel, T. (2015). Effects of a classroom discourse intervention on teachers’ practice and students’ motivation to learn mathematics and science. Learning and Instruction, 35, 94–103. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2014.10.003

Maryam Muhammad. (2016). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 90.

Mawadati, Asqina N. S. Andayani. Saddhono, Kundharu. (2017). Pembelajaran Menulis pada Mahasiswa BIPA: Analisis Tentang Hambatan dan Solusi.

Rahmawati, E. (2016). Faktor-Faktor Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Pujokusuman I Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 29(5), 2741–2750.

Ria, W. S. (2014). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Dengan Authentic Assessment Pada Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 1 Badegan Tahun Ajaran 2013/2014. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Ranum, Z. (2017). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Skripsi SI Pendidikan. Universitas Negeri Medan, 268–274.

Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 79. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108

Rudini, M., & Agustina, A. (2021). Analisis Motivasi Siswa dalam Mengerjakan Tugas Rumah Di SMA Al-Mannan Tolitoli. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 770–780. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.496

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualititatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualititatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualititatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan.

Suprihatin Siti. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (online). Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 3(1), 73–82. Retrieved from http://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/144

Zulia, A., & Roy, P. T. (2021). Analisis Motivasi Belajar Matematika Siswa Dalam Penerapan Edmodo Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cendikia, 5(2), 1062–1070.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.