PELATIHAN PEMANFAATAN GEOGEBRA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL BLENDED LEARNING

Imam Sujadi, Ira Kurniawati, Arum Nur Wulandari, Riki Andriatna, Hanifa Alifia Puteri, Ganif Fahlefi

Abstract

Pada masa pandemi Covid-19 proses belajar siswa dilakukan dari rumah (BDR) sehingga menyebabkan guru harus mendesain dan menyesuaikan pembelajaran agar dapat berjalan secara maksimal. Salah satunya dengan penerapan model blended learning yang memanfaatkan teknologi informasi. Geogebra merupakan software dengan berbagai fitur seperti geometri, aljabar, statistik, hingga kalkulus interaktif untuk memudahkan belajar ataupun membelajarkan matematika. Pemanfaatkan software Geogebra pada pembelajaran dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran matematika, akan tetapi mayoritas guru matematika SMP di kota Surakarta belum dapat menggunakan software tersebut. Melihat potensi kemampuan IT guru yang masih dapat ditingkatkan, RG Pembelajaran Matematika Pendidikan Dasar dan Menengah FKIP UNS dan mitra pengabdian yaitu MGMP Matematika SMP kota Surakarta, melaksanakan kegiatan pelatihan pemanfaatan Geogebra pada pembelajaran matematika dengan model blended pada 14-28 September 2021 dalam 6 tahap. Hasil pelaksanaan kegiatan pendampingan adalah sebagai berikut: (1) kegiatan pendampingan ini dapat meningkatkan kemampuan IT guru matematika SMP di kota Surakarta dalam pemanfaatan Geogebra dalam pembelajaran matematika, (2) setelah mengikuti pelatihan, guru mampu memanfaatkan Geogebra dalam pembelajaran matematika sesuai dengan karakteristik materi matematika. Tindak lanjut dari kegiatan ini, guru mampu membuat skenario pembelajaran dengan memanfaatkan Geogebra untuk pembelajaran matematika Blended Learning.

 

Keywords

Blended Learning, Geogebra, Pelatihan Guru, Pembelajaran Matematika.

Full Text:

PDF

References

Aritonang, I & Safitri I. (2021) Pengaruh Blended Learning Terhadap Peningkatan Literasi Matematika Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. Volume05 (No.01), [2] Atikasari, G. & Kurniasih, A.W. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Strategi TTW Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VII Materi Segitiga. Unnes Journal of Mathematics Education. Volume4(No.1) [3] Bryan, A., & Volchenkova, K. N. (2016). Blended Learning: Definition, Models, Implications for Higher Education. Bulletin of the South Ural State University Series “Education. Education Sciences,” 8(2), 24–30. https://doi.org/10.14529/ped160204 [4] Ceylan, V. K., & Elitok Kesici, A. (2017). Effect of blended learning to academic achievement. Journal of Human Sciences. https://doi.org/10.14687/jhs.v14i1.4141 [5] Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus. [6] Japa N, dkk (2017). Media Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. International Journal of Natural Science and Engineering. Vol.1 (2) [7] Nugraha, D.G.A.P, dkk. (2019). Pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap pemahaman konsep dan kelancaran prosedur matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Vol 6, No. 1. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.20074 [8] Oktaria, M, dkk. (2016). Penggunaan Media Software GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Matematika Kreatif Inovatif, Vol 7, No 1 https://doi.org/10.15294/kreano.v7i1.5014 [9] Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). [10] Supriani, Y. (2016). Menumbuhkan Kemandirian Belajar Matematika Siswa Berbantuan Quipper School. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume 1 Nomor 2. https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i2.1248 [11] Syabana, A. (2016). Belajar Menguasai GeoGebra (Program Aplikasi Pembelajaran Matematika). Palembang: NoerFikri. [12] Tambunan, H. (2020). Kinerja guru matematika SMP dalam membangun minat dan motivasi belajar siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika 7 (1), 2020, 108-117. Jurnal Riset Pendidikan Matematika 7 (1), 2020, 108-117. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i1.19384 [13] Zamnah, L. N. (2017). Hubungan Antara Self-Regulated Learning Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri3 Cipaku Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Teori Dan Riset Matematika (TEOREMA), 1(2), 31–38.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.