EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DENGAN TEKNIK MIND MAPPING PADA MATERI POKOK PERSAMAAN GARIS LURUS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 JATEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1)model pembelajaran yang menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik, model pembelajaran STAD, STAD dengan teknik Mind Mapping atau konvensional pada materi persamaan garis lurus; (2) gaya belajar yang menghasilkan prestasi lebih baik, gaya belajar auditorial, visual atau kinestetik; (3) pada setiap model pembelajaran, gaya belajar yang menghasilkan prestasi lebih baik, gaya belajar auditorial, visual atau kinestetik; dan (4) pada setiap tipe gaya belajar peserta didik, model pembelajaran yang menghasilkan prestasi belajar lebih baik, STAD, STAD dengan teknik Mind Mapping atau konvensional pada materi persamaan garis lurus. Penelitian ini termasuk jenis eksperimental semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Jaten tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 220 siswa. Sampel yang digunakan yaitu tiga kelas dengan total 89 siswa yang diambil secara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah anava dua jalan sel tak sama, dilanjutkan uji komparasi ganda dengan metode Scheffe. Persyaratan analisis menggunakan uji Lilliefors untuk normalitas dan metode Bartlett untuk homogenitas. Berdasarkan hasil analisis, disimpulkan bahwa: (1)model pembelajaran STAD dengan teknik mind mapping menghasilkan prestasi lebih baik daripada STAD dan konvensional, sedangkan STAD dan konvensional sama baiknya; (2) siswa dengan gaya belajar auditorial, visual, dan kinestetik mempunyai prestasi yang sama; (3) pada setiap model pembelajaran, siswa dengan gaya belajar auditorial, visual maupun kinestetik mempunyai prestasi yang sama; dan (4) pada setiap gaya belajar, model pembelajaran STAD dengan teknik mind mapping mempunyai prestasi lebih baik daripada STAD maupun konvensional, sedangkan STAD dan konvensional sama baiknya.
Keywords
References
Astuti, A., & Leonard, L. (2015). Peran kemampuan komunikasi matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 102 – 110.
Huriah, T. (2018). Metode Student Center Learning. Jakarta: Prenada Media Grup.
Ling, W.N., Ghazali, M.I.B., & Raman, A. (2016). The effectiveness of student teams-achievement division (STAD) cooperative learning on mathematics achievement among school students in Sarikei District, Sarawak. International Journal of Advanced Research and Development, 1(3), 17 – 21.
Wijayanti, W., Setiawan, T.B., & Dafik. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) disertai Tehnik Peta Pikiran (Mind Mapping) pada Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus di Kelas VIII D SMP Negeri 14 Jember Semester Ganjil Tahun Ajaran 2013/2014. Kadikma, 6(1), 95 – 104.
DePorter, B., & Hernacki, M. (2013). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan (Terjemahan oleh Alawiyah Abdurrahman). Bandung: PT. Mizan Pustaka.
Malikhah, S. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Think-Talk-Write dengan mind mapping pada Persamaan Garis Lurus Ditinjau dari Kreativitas Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(8), 756–768.
Arylien, L.B., Geradus, U., & Bire, J. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditoril, dan Kinestetik terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, 44(2), 168 – 174.
Anas, A., & Munir, N.P. (2014). Pengaruh Gaya Belajar VAK terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Prosiding Seminar Nasional, 2(1), 233 – 240.
Budiyono. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian. Surakarta: UNS Press.
Sari, Ni Putu Indah Kumala. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif STAD Berbantuan Mind Map terhadap Hasil Belajar IPA dan Self Efficiacy Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 229–236.
Zubaidah, S. (2018). Empowering Critical and Creative Thinking Skills through Remap STAD Learning Model. ICEMT: Proceeding of the 2nd International Conference on Education and Multimedia Technology, Jepang: 2 Juli, 2018. Hal 75–79.
Nurhidayah, Dwi Avita. (2016). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika SMP. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 13–24.
Refbacks
- There are currently no refbacks.