PROFIL BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DAN JENIS KELAMIN

Izmi Azizah, sutopo sutopo, Dyah Ratri Aryuna

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil berpikir siswa dalam menyelesaikan soal HOTS materi perbandingan trigonometri pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Petanahan ditinjau dari gaya belajar dan jenis kelamin. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X IPA 3 dan X IPA 4 SMA Negeri 1 Petanahan. Subjek ditentukan dengan teknik snowball sampling.  Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, tes, dan wawancara. Uji validitas data mengunakan triangulasi waktu. Teknik analisis data meliputi kegiatan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yaitu pada tahapan entry siswa membaca soal berulang, mengelompokkan hal yang diketahui dan ditanya, serta mengurutkan penulisannya sesuai urutan soal dengan kalimat sendiri. Ada siswa laki-laki visual mengurutkan penulisannya sesuai hal yang diingat. Siswa laki-laki visual membayangkan maksud soal, siswa perempuan disertai membuat coretan. Siswa auditorial membaca soal bersuara, namun siswa perempuan lebih teliti memahami soal. Siswa kinenstetik membaca soal disertai menggerakkan alat tulis. Pada tahapan attack siswa mencermati gambar dan mengaitkan informasi soal dengan pengetahuan yang dimiliki untuk mengajukan dugaan. Siswa laki-laki visual mengajukan dugaan dan melaksanakan dugaan dengan definisi dan cara coba-coba yang lebih menggunakan logika dibanding cara coba-coba siswa perempuan. Siswa auditorial mengajukan dan melaksanakan dugaan dengan definisi dan cara coba-coba. Siswa kinestetik mengajukan dugaan dan melaksanakan dugaan dengan definisi. Selanjutnya siswa memutuskan kebenaran dugaan penyelesaian soal disertai alasan pekerjaannya telah diteliti. Pada tahapan review siswa melihat kembali pekerjaan atau menghitung ulang. Siswa perempuan kinestetik menggunakan definsi untuk mengecek ketepatan perhitungan.

Keywords

gaya belajar, jenis kelamin, perbandingan trigonometri, profil berpikir menurut Mason, soal HOTS

Full Text:

PDF

References

Kamarullah. (2017). Pendidikan Matematika di Sekolah Kita. Jurnal Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21-32.

Sumaryanta. (2018). Penilaian HOTs dalam Pembelajaran Matematika. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 8(8), 500-509.

Purwanto, W. R., Sukestiyarno, Y. L., & Junaedi, I. (2019). Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Perspektif Gender. Dalam S. R. Rahayu, A. Yulianto, G. P. Widhanarto, Suminar, & D. Setiawan (Ed.). Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Prosnampas) 2019, hlm. 894 – 900. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Darmadi. (2015). Profil Berpikir Visual Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Memahami Definisi Formal Barisan Konvergen Berdasarkan Perbedaan Gender. Jurnal LPPM, 3(1), 45-60.

Pardede, K., Ahmad, M. & Harahap, M. M. (2021). Analisis Gaya Belajar serta Pengaruh terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 243-252.

Wassahua, S. (2016). Analisis Gaya Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Himpunan Siswa Kelas VII SMP Negeri Karang Jaya Kecamatan Namilea Kabupaten Buru. Jurnal Matematika dan Pembelajarannya, 2(1), 84 – 104.

Mufidah, L. L. N. (2017). Memahami Gaya Belajar untuk Meningkatkan Potensi Anak. Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak, 1(2), 246 – 251.

Awla, H. A. (2014). Learning Style and Their Relation to Teaching Styles. International Journal of Language and Linguistics. 2(3), 241 – 245.

Chetty, N. D. S., Handayani, L., Sahabudin, N. A., Ali, Z., Hamzah, N., Rahman, N. S. A. & Kasim, S. (2019). Learning Styles and Teaching Styles Determine Students’ Academic Performances. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 8(3), 610 – 615.

Supriadi, D., Mardiyana & Subanti, S. (2015). Analisis Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah Polya Ditinjau dari Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VIII SMP Al Azhar Sifa Budi Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 3(2), 204 – 214.

Wardhani, W. A., Subanji & Dwiyana. (2016). Proses Berfikir Berdasarkan Kerangkan Kerja Mason. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 297-313.

Sundayana, R. (2016). Kaitan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidika Matematika STKIP Garut, 5(2), 75 – 84

Refbacks

  • There are currently no refbacks.