PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF “ACTIMATICS” UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK POLA BILANGAN DI SMPN 1 TELUK BAYUR BERAU

Putri Juwita Citra Itafaridah, Ira Kurniawati, Dyah Ratri Aryuna

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif “Actimatics” yang valid, praktis, dan efektif untuk mengajarkan konsep pada materi pokok pola bilangan. Penelitian yang dilaksanakan di SMPN 1 Teluk Bayur ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Four-D (4D) yang memiliki empat tahapan yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebarluasan (disseminate). Actimatics dikembangkan dalam bentuk aplikasi android yang dibuat dengan menggunakan perangkat lunak bernama Smart Apps Creator. Materi ajar pada Actimatics dibuat dengan interaktif yang artinya dapat mendukung interaksi antara pengguna dengan multimedia tersebut. Hasil penilaian kevalidan oleh ahli materi pada aspek materi, aspek soal, aspek bahasa, dan aspek keterlaksanaan tergolong pada kategori valid. Penilaian kevalidan oleh ahli media pada aspek rekayasa perangkat lunak dan aspek komunikasi visual tergolong pada kategori sangat valid. Penilaian kepraktisan oleh guru pada aspek kualitas isi dan tujuan, aspek kualitas teknik, dan aspek kualitas pembelajaran tergolong pada kategori praktis. Penilaian kepraktisan oleh peserta didik pada aspek kualitas isi dan tujuan, aspek kualitas teknik, dan aspek kualitas pembelajaran tergolong pada kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil tes belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh bahwa rerata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan seluruh hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif “Actimatics” valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran matematika materi pokok pola bilangan.

Keywords

Interaktif, multimedia pembelajaran, penelitian pengembangan, pola bilangan

Full Text:

PDF

References

Musfiqon. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya

Windasari, R. & Istiqlal, M. (2020). Hasil Belajar Matematika dan Keaktifan Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 8 Salatiga dengan Model RME Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM), 2(1), 13-19.

Saputri, D.Y., Rukayah, & Indriayu, M. (2018). Need Assessment of Interactive Multimedia Based on Game in Elementary School: A Challenge into Learning in 21st Century. International Journal of Educational Research Review, 3(3), 1-8.

Zulham, M. & Sulisworo, D. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Mobile dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Gaya. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(2), 132-141.

Manurung, P. (2020). Multimedia Interaktif sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid 19. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 14(1), 1-12.

Wahyuni, D., Masykur, R., & Pratiwi, D.D. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 32-40.

Karimah, A.A., Rusdi, & Fachruddin, M. (2017). Efektifitas Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Software Animasi Berbasis Multimedia Interaktif Model Tutorial Pada Materi Garis dan Sudut untuk Siswa SMP/MTS Kelas VII. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 9-13.

Nurmawati, Masduki, L.R., Prayitno, E., & Dartani, M.Y.R. (2019). The Use of Interactive Multimedia in Improving Mathematics Learning Outcomes: The Case of the 4th Grade Students of SDN Manyaran 01 Semarang in the Academic Year of 2019/2020. Proceeding of the 2nd International Conference on Education and Social Science Research (ICESRE 2019): 227-231. Semarang: 19 Oktober 2019.

Pusat Penialain Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). “Laporan Hasil Ujian Nasional”, dalam https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/#2019!smp!capaian_wilayah!16&09&999!T&T&T&T&1&!3!&.

Budyastomo, A. W. (2020). Pembuatan Aplikasi Pengenalan Tatasurya Berbasis Android Menggunakan Smart App Creator. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 10(1), 1-10.

Rohmah, N.R., Sari, W.A.M.P., Pangasta, D.G.D., & Deddiliawan, A. (2019). Pengembangan Mantri Caino: Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Etnomatematika. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 2(2), 103-116.

Purboningsih, D. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Guided Discovery pada Materi Barisan dan Deret untuk Siswa SMK Kelas X. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2015: 467-474. Yogyakarta: 14 November 2015.

Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Kreano, 3(1), 59-72.

Riyadi, S. & Parjono. (2014). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika Berbasis Komputer untuk Kelas VIII SMP. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 1(2), 165-177.

Budiyono. (2020). Pengantar Penilaian Hasil Belajar. Surakarta: UNS Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.