ANALISIS MUATAN PENALARAN DAN PEMBUKTIAN MATEMATIS PADA BUKU TEKS MATEMATIKA KELAS VIII DI SMP ISLAM AL ABIDIN

Arief Purnomo Aji, Mardiyana Mardiyana, Henny Ekana Chrisnawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan muatan penalaran dan pembuktian matematis pada buku teks matematika kelas VIII di SMP Islam Al Abidin. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah jumlah dari muatan penalaran dan pembuktian matematis pada aspek materi dan soal latihan pada buku Cambridge Checkpoint Mathematics Coursebook 8 dan buku Matematika SMP Kelas VIII berdasarkan Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 terbitan Erlangga. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik analisis isi. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi peneliti. Teknik analisis data menggunakan tahap analisis Krippendorff yaitu pendefinisian unit, pencatatan/pengkodean, reduksi, penarikan simpulan, dan menarasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemunculan muatan penalaran dan pembuktian pada masing-masing buku berbeda. Ditinjau dari indikator penalaran dan pembuktian pada materi, sebesar 91,67% materi pada buku Cambridge disajikan lengkap dengan justifikasi dan 67,85% materi pada buku Matematika SMP Kelas VIII terbitan Erlangga disajikan lengkap dengan justifikasi sehingga dapat dikatakan kedua buku sama-sama memberikan kesempatan siswa untuk menalar dan membuktikan melalui membaca justifikasi. Ditinjau indikator penalaran dan pembuktian pada soal latihan, sebanyak 21,62% soal pada buku Cambridge merupakan soal penalaran dan pembuktian sementara 32,86% soal pada buku Matematika SMP Kelas VIII terbitan Erlangga merupakan soal penalaran dan pembuktian sehingga dapat dikatakan Buku Cambridge dan Buku Matematika SMP Kelas VIII terbitan Erlangga belum sepenuhnya memberikan kesempatan siswa untuk menalar dan membuktikan melalui pengerjaan soal. Oleh karena itu diperlukan penambahan soal penalaran dan pembuktian matematis untuk meningkatkan tingkat kesempatan belajar siswa.

Keywords

analisis isi, buku teks matematika, kurikulum 2013, kurikulum Cambridge, penalaran dan pembuktian

Full Text:

PDF

References

Utari, T., & Hartono, H. (2019). Muatan penalaran dan pembuktian matematis pada buku teks matematika SMA kelas X Kurikulum 2013. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 1–13.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: The National Council of Teachers of Mathematics.

Wulandari, S. Y., & Wutsqa, D. U. (2019). A study of junior high school students reasoning skill in mathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1320, 12059.

Diperoleh 3 Maret 2021, dari https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1320/1/012059.

Zubaidah, S. (2016). “Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran”, dalam https://www.researchgate.net/publication/318013627, diakses 27 Oktober 2021,

Sari, Y. M., Kartowagiran, B., Retnawati, H., & Fiangga, S. (2019). The characteristics of mathematical reasoning and proof test on indonesian high school students. Journal of Physics: Conference Series, 1200(1), 12007. Diperoleh 1 Maret 2021, dari https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1200/1/012007

Pusat Penilaian Pendidikan – Balitbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. “Laporan Hasil AKSI SMP 2019” (2019). dalam https://aksi.puspendik.kemdikbud.go.id/laporan/, diakses 28 Februari 2021

Yang, D. C., & Sianturi, I. A. (2017). An Analysis of Singaporean versus Indonesian textbooks based on trigonometry content. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(7), 3829–3848.

DOI: https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00760a.

Nurjanah, A., & Retnowati, E. (2018). Analyzing the extraneous cognitive load of a 7th grader mathematics textbook. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1), 12131. Diperoleh 27 Januari 2021, dari https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1097/1/012131.

Ramelan, M., & Wijaya, A. (2019). A Comparative Analysis of Indonesian and Singaporean Mathematics Textbooks from the Perspective of Mathematical Creativity: A Case Statistics and Probability. Journal of Physics: Conference Series, 1320(1). Diperoleh 26 Januari 2021, dari https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1320/1/012037.

Kurniawan, A. B. H. (2018). Implementasi Kurikulum Integrasi (Kurikulum Cambridge Dan Kurikulum 2013) Matematika Kelas VIII Di MTS Bilingual Muslimat Nu Pucang Sidoarjo. Skripsi. UIN Sunan Ampel Surabaya

Soma Salim, S. (2019). Reasoning-and-proving and world-related problems in the mathematics textbook of Kurikulum 2013 revised in 2017. Journal of Physics: Conference Series, 1317(1), 12126.

Diperoleh 2 Oktober 2021, dari https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1317/1/012126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.