PENGEMBANGAN LKPD MATERI APLIKASI TURUNAN FUNGSI ALJABAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 4 SURAKARTA

Sinatrya Nisa Budikusuma, Sutopo Sutopo, Arum Nur Wulandari

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yakni (1) mengembangkan LKPD materi aplikasi turunan fungsi aljabar; dan (2) mengetahui kevalidan, kepraktisan, keefisiensian, dan keefektifan LKPD materi aplikasi turunan fungsi aljabar untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan koneksi matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (RnD). Metode penelitian pengembangan yang dipergunakan ialah model 4D yang mencakup tahapan Define, Design, Development, serta Disseminate. Uji coba penggunaan LKPD dilakukan kepada 33 peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 4 Surakarta. Sebelum dilakukan uji coba, dilaksanakan uji kevalidan LKPD pada ahli desain dan ahli materi. LKPD valid digunakan berdasarkan penilaian ahli desain yaitu: ukuran (3,50); desain sampul (2,92); dan desain isi (3,30). LKPD valid digunakan berdasarkan penilaian ahli materi yaitu: aspek isi (3,44); aspek penyajian (3,58); dan aspek kebahasaan (3,00). LKPD praktis digunakan berdasarkan penilaian oleh peserta didik, yakni: aspek pembelajaran (3,50); aspek kualitas (3,44); aspek tampilan (3,45); dan aspek fungsi (3,35). LKPD efisien digunakan berdasarkan penilaian oleh guru, yakni: aspek pembelajaran (3,75); aspek kualitas (3,00); aspek tampilan (3,20); serta aspek fungsi (3,00). LKPD efektif digunakan dalam pembelajaran karena rerata nilai posttest peserta didik lebih baik dari rerata hasil nilai pretest peserta didik, dengan gain score sebesar  termasuk pada kriteria sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD materi aplikasi turunan fungsi aljabar yang sesuai dengan kriteria valid, praktis, efisien, serta efektif digunakan dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan koneksi matematis peserta didik.

Keywords

aplikasi turunan fungsi aljabar, kemampuan koneksi matematis, kemampuan pemecahan masalah matematis, LKPD

Full Text:

PDF

References

Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. USA: NCTM.

Gordah, E. K. (2012). Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Melalui Pendekatan Open Ended. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 18(3), 264-279.

Hartati, S., Abdullah, I., & Haji, S. (2017). Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Komunikasi dan Koneksi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 43-72.

Greiff, S., Wüstenberg, S., Csapó, B., Demetriou, A., Hautamäki, J., Graesser, A. & Martin, R. (2014). Domain-general Problem Solving Skills and Education in the 21st Century. Educational Research Review, 34(12), 74-83. Diperoleh 24 Agustus 2021, dari https://www.researchgate.net/publication/267640364.

Linto, R. L., Elniati, S., & Rizal, Y. (2012). Kemampuan Koneksi Matematis dan Metode Pembelajaran Quantum Teaching dengan Peta Pikiran. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 83–87.

Ayazgok, B., & Aslan, H. (2014). The Review of Academic Perception, Level of Metacognitive Awareness and Reflective Thinking Skills of Science and Mathematics University Students. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 141(1), 781–790. Diperoleh 24 Agustus 2021, dari https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.137.

Yonandi. (2011). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Komputer. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 94-100.

Kemendikbud. (2019). “Pengoperasian Aplikasi Laporan Pemanfaatan Hasil Ujian Nasional 2019” dalam https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/, diakses 24 Agustus 2021.

Fimansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Judika (Jurnal Pendidikan UNSIKA), 3(1), 32-44.

Chen, Y. T., & Li, Y. T. (2011). Development And Evaluation of Multimedia Reciprocal Representation Instructional Materials. International. Journal of the Physical Sciences, 6(6), 1431-1439.

Astuti., Sari, N. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas X SMA. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 13-24.

Mulyatiningsih, E. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan & Teknik. Yogyakarta: UNY Press.

Kemendikbud. (2020). “Kemendikbud Terbitkan Kurikulum Darurat pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus” dalam https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/kemendikbud-terbitkan-kurikulum-darurat-pada-satuan-pendidikan-dalam-kondisi-khusus, diakses 17 September 2021.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.