IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 1 MUNGKID

Tri Puji Andayani, Triyanto Triyanto, Dyah Ratri Aryuna

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran daring selama masa pandemi COVID-19 di SMP Negeri 1 Mungkid. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subjek yang diteliti adalah guru matematika dan siswa dengan teknik criterion sampling. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data diperoleh dengan melakukan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah guru melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran daring sesuai dengan panduan pembelajaran jarak jauh dari Kemendikbud. Simpulan dari penelitian ini adalah guru merancang pembelajaran daring mulai dari melakukan identifikasi karakter dan lingkungan siswa, tujuan pembelajaran, strategi pembelajaran, dan membuat mekanisme penilaian secara daring. Guru melaksanakan pembelajaran secara daring dengan menggunakan grup WhatsApp dan Microsoft 365 serta melaksanakan evaluasi pembelajaran daring yang meliputi penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Keywords

COVID-19, daring, implementasi, pandemi

Full Text:

PDF

References

World Health Organization. (2020). “Pertanyaan dan jawaban terkait Coronavirus”, dalam https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa/qa-for-public, diakses 24 Juli 2020.

Mendikbud. (2020). “Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran COVID-19”, dalam https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/se-mendikbud-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19, diakses 24 Juli 2020.

Febrianto, P. T., Mas’udah, S., & Megasari, L. A. (2020). Implementation of Online Learning during the Covid-19 Pandemic on Madura Island, Indonesia. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 19(8), 233-254. Diperoleh 26 April 2021, dari https://doi.org/10.26803/ijlter.19.8.13

Hermawan, D. (2021). The Rise of E-Learning in COVID-19 Pandemic in Private University: Challenges and Opportunities. International Journal of Recent Educational Research, 2(1), 86-95. Diperoleh 26 April 2021, dari https://journal.ia-education.com/index.php/ijorer

Mendikbud. (2020). “Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran COVID-19”, dalam https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/se-mendikbud-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19, diakses 24 Juli 2020.

Lestari, W. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Analisa, 3(1), 76-84.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232-243.

Armiati & Yanrizawati. (2020). Analisis Pemanfaatan Media Daring dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa di Kelas XI SMAN 1 Koto Balingka. Jurnal Eksakta Pendidikan, 4(2), 197-202.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12.

Dewi, W. A. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Nikmah, N. (2020). Stategi Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi COVID-19. Dialektik, 2(2) 45-51.

Maskur, R., Permatasari, D., & M, R. R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Rhythm Reading Vocal pada Materi Konsep Pecahan Kelas VII SMP. Kreano Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 78-87.

Sesjen. (2020). “Surat Edaran Nomor 15 tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19)”, dalam https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/se-sesjen-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19, diakses 24 Juli 2020.

Ahmad, I. F. (2020). Alternative Assessment in Distance Learning Emergencies Spread of Coronavirus Disease (Covid-19) in Indonesia. Jurnal Pedagogik, 7(1), 195-222.

Arikunto, S. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Jakarta: Bumi Aksara.

Nindiati, D. S. (2020). Pengelolaan Pembelajaran Jarak Jauh yang Memandirikan dan Implikasinya Pada Pelayanan Pendidikan. Journal of Education and Instruction, 3(1), 14-20.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861-872.

Dewi, W. A. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Anggraini, W., Hudiono, B., & Hamdani. (2015). Pemberian Umpan Balik (Feedback) Terhadap Hasil Belajar dan Self-Efficacy Matematis Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(9), 1-13.

Kristina, M., Sari, R. N., & Septia, E. N. (2020). Model Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID 19 di Provinsi Lampung. Jurnal Idaara, 4(2), 200-209.

Nuriansyah, F. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Online Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Pada Awal Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia, 1(2), 61-65.

Dewi, W. A. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Ahmad, I. F. (2020). Alternative Assessment in Distance Learning Emergencies Spread of Coronavirus Disease (Covid-19) in Indonesia. Jurnal Pedagogik, 7(1), 195-222.

Direktorat Sekolah Menengah Pertama. (2020). Pengelolaan Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang SMP Dalam Masa Pandemi COVID-19. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Direktorat Sekolah Menengah Pertama.

Ahmad, I. F. (2020). Alternative Assessment in Distance Learning Emergencies Spread of Coronavirus Disease (Covid-19) in Indonesia. Jurnal Pedagogik, 7(1), 195-222.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.