ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PADA MATERI OPERASI BENTUK ALJABAR DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP N 2 GONDANGREJO KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2020/2021

Mery Dyan Sari, Sutopo Sutopo, Ira Kurniawati

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa dengan disposisi matematis tinggi, disposisi matematis sedang dan disposisi matematis rendah dalam menyelesaikan soal materi operasi bentuk aljabar pada kelas VII SMP N 2 Gondangrejo Karanganyar tahun ajaran 2020/2021. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ditentukan melalui purposive sampling dengan didasarkan pada kategori disposisi matematis siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 siswa dengan disposisi matematis tinggi, 2 siswa dengan disposisi matematis sedang, dan 2 siswa dengan disposisi matematis rendah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode angket untuk data disposisi matematis, tes kemampuan penalaran matematis, dan wawancara. Uji validitas data dengan teknik triangulasi metode. Teknik analisis data meliputi tiga kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini yaitu deskripsi kemampuan penalaran matematis siswa pada materi operasi bentuk aljabar dengan disposisi matematis tinggi, disposisi matematis sedang, dan disposisi matematis rendah serta faktor penyebab siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan kemampuan penalaran matematis pada materi operasi bentuk aljabar.

 

Keywords

Analisis Kemampuan Penalaran Matematis, Disposisi Matematis, Operasi Bentuk Aljabar, Tes Kemampuan Penalaran Matematis

Full Text:

PDF

References

Kurniawati, A. & Sutirna. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika: 514-528. Karawang, 12 Desember 2019: Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Singaperbangsa.

Gultom, F.W. & Roesdiana, L. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Operasi aljabar. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika: 285-297. Karawang, 12 Desember 2019: Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Singaperbangsa.

Puspendik. (2019). “Persentase Tiap Aspek Kognitif Pada Pelajaran Matematika”, dalam http://puspendik.kemendikbud.go.id/hasil-un/ , diakses pada 16 Juli 2020.

Putra, P. & Ikhsan, M. (2019). Mathematical Reasoning Ability and Learning Independence oh High Scholl Students Through Problem Based Learning Model. International Journal for Education and Vacation, 1(3), 217-223.

Hendriana, H.H. Rohaeti, E.E., & Sumarmo, U. (2018). Hard Skills and Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika aditama.

Kusmaryono, I., Suyitno, H., Dwijanto, D., & Dwidayati, N. (2019). The Effect of Mathematical Disposition on Mathematical Power Formation: Review of Dispositional Mental Functions. International Journal of Instruction, 8(3), 343-356.

Sumarmo, U. (2013). Kumpulan Makalah: Berpikir dan Disposisi Matematik Serta Pembelajarannya. Bandung: FPMIPA UPI.

Diningrum, P.R., Azhar, E., & Faradilla, A. (2018). Hubungan Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII di SMP Negeri 24 Jakarta. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2018: 352-364. Jakarta, 13 Oktober 2018: Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammdiyah Prof. Dr. Hamka.

Wanabuliandri, S. 2016. Peningkatan Disposisi Matematis Dengan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matemaika Dengan Pembelajaran Matematika Dengan Model Thinking Aloud Pairs Problem Solving (TAPPS) Berbasis Multimedia. Jurnal Refleksi Edukati, 6(2), 138-144.

Permendikbud Republik Indonesia No. 54. (2019). “Standar Kelulusan (SKL)”, dalam http://jdih.kemdikbud.go.id/arsip, diakses pada 20 Juli 2020.

Choridah, D.T. (2013) Peran Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kreatif Serta Disposisi Matematis Siswa SMA. Jurnal Infinity, 2(2), 194-202.

Murdani, A.S. (2017). Hemogeni Kekuasaan kepada Tokoh Utama dalam Novel Kubah Karya ahmad Tohari. Skripsi Tidak Diterbitkan, Universitas Muhammadiyah Malang, Malang.

Budiyono. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: UNS Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.