EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA MATERI FUNGSI KUADRAT DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 BANYUDONO TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Wahid Wahyudhi, Yemi Kuswardi, Henny Ekana Chrisnawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kemampuan awal siswa. Penelitian termasuk jenis penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 1 Banyudono tahun pelajaran 2019/2020. Sampel yang digunakan adalah dua kelas dimana jumlah  siswa kedua kelas adalah 71 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, metode observasi, dan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, kemudian dilakukan uji lanjut pasca anava. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining mempunyai prestasi belajar lebih baik dibandingkan siswa dengan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions pada materi fungsi kuadrat; (2) siswa dengan kemampuan awal tinggi memiliki prestasi belajar yang lebih baik dari pada siswa dengan kemampuan awal rendah, siswa dengan kemampuan awal tinggi memiliki prestasi belajar yang sama dengan kemampuan awal sedang, dan siswa dengan kemampuan awal sedang memiliki prestasi belajar yang lebih baik dari pada siswa dengan kemampuan awal rendah pada materi fungsi kuadrat; (3) pada masing-masing model pembelajaran matematika, kelompok siswa dengan kemampuan awal tinggi, kemampuan awal sedang, dan kemampuan awal rendah tidak memberikan prestasi belajar yang berbeda secara signifikan pada materi fungsi kuadrat; dan (4) pada masing-masing kemampuan awal, kelompok siswa dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions tidak memberikan prestasi belajar yang berbeda secara signifikan pada materi fungsi kuadrat.

Keywords

Fungsi kuadrat, Kemampuan awal, Prestasi belajar matematika, Student Facilitator and Explaining, Student Team Achievement Divisions.

Full Text:

PDF

References

Kemdikbud. (2018). “Laporan Hasil Ujian Nasional”, dalam https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/, diakses 30 Juli 2019. [2] Yanto, Y., & Juwita, R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Judika Education, 1(1): 53-60. [3] Sapta, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Experimental Learning terhadap Komunikasi Matematis Siswa. Phytagoras, 6(02): 94-99. [4] Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. [5] Mulyono, D., Asmawi, M., & Nuriah, T. (2018). The Effect of Reciprocal Teaching, Student Facilitator and Explaining and Learning Independence on Mathematical Learning Results by Controlling the Initial Ability of Students. International Electronic Journal of Mathematics Education, 13(03), 199 – 205. Diperoleh 2 Agustus 2019, dari https://www.iejme.com/article/the-effect-of-reciprocal-teaching-student-facilitator-and-explaining-and-learning-independence-on. [6] Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. [7] John, M. (2007). Lingking School Mathematics To Out Of School Mathematical Activities ; Student Interpretation of Task Understandings and Goals International, Electronic Journal of Mathematics Education, 2, 50-71. Diperoleh 2 Agustus 2019, dari https://www.iejme.com/article/linking-school-mathematics-to-out-of-school-mathematical-activities-student-interpretation-of-task. [8] Hevriansyah, P., & Megawanti, P. (2016). Pengaruh Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM, 02(01), 37 – 44. [9] Fadhillaturahmi. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan GI terhadap Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 02(01), 160 – 165. [10] Apriliansyah, R. (2015). Pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. JPGSD. 03(02), 346 – 357.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.