EKSPERIMENTASI TEKNIK PERNAFASAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL KONTEKSTUAL DITINJAU DARI TINGKAT KECEMASAN MATEMATIS SISWA SMP

Oki Dwi Setiawan, Ikrar Pramudya, Farida Nurhasanah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kecemasan matematis siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Surakarta. Sampel yang digunakan adalah 3 kelas, terdiri dari dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket kecemasan matematis siswa dan tes prestasi belajar matematika. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, kemudian dilakukan uji komparasi ganda dengan menggunakan metode Scheffe. Dari penelitian ini disimpulkan: (1) prestasi belajar siswa yang diberikan model kontekstual modifikasi teknik pernafasan lebih baik dibandingkan siswa yang diberikan model kontekstual dan langsung, sedangkan prestasi belajar siswa yang diberikan model kontekstual sama baik dengan siswa yang diberikan model langsung, (2) siswa dengan kecemasan rendah memiliki prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan siswa dengan kecemasan sedang dan tinggi, sedangkan siswa dengan kecemasan sedang memiliki prestasi belajar yang sama baiknya dengan siswa yang memiliki kecemasan tinggi, (3) pada masing-masing model pembelajaran, siswa dengan kecemasan tinggi menghasilkan prestasi belajar sama baiknya dengan siswa yang memiliki kecemasan sedang, sedangkan siswa dengan kecemasan rendah menghasilkan prestasi belajar lebih baik dibandingkan siswa dengan kecemasan sedang dan tinggi, (4) pada masing-masing tingkat kecemasan matematis, prestasi belajar siswa yang diberikan model kontekstual modifikasi teknik pernafasan lebih baik dibandingkan siswa yang diberikan model kontekstual dan langsung, sedangkan prestasi belajar siswa yang diberikan model kontekstual sama baik dengan siswa yang diberikan model langsung.

Full Text:

PDF

References

Putra, Suwarni, Suarjana. (2014). Pengaruh Model Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Kecerdasan Emosional Siswa Kelas IV. e-Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2 (1), 1-10. Diakses pada 2 April 2019, dari https://www.e-jurnal.com/2015/06/pengaruh-model-kontekstual-terhadap_27.html.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran. Jakarta : Rajawali pers.

Anita, I.W. (2014). Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 3 (1), 125-132.

Whyte & Anthony. (2012). Math Anxiety : The Fear Factor in the Mathematics Classroom. New Zealand Journal of Teachers’ Work, 9 (1), 6-15.

Rochaini & Pratiwi. (2009). Penggunaan strategi relaksasi untuk membantu siswa mengurangi perasaan cemas dalam situasi komunikasi interpersonal. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan, 2 (11), 9-14.

Zakaria, Zain, Ahmad, Erlina. (2012). Mathematics Anxiety And Achievement Among Secondary School Students. American Journal of Applied Sciences, 9 (11), 1828-1832.

Hapsari, A.M.S. (2015). Eksperimen-tasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Structured Numbered Heads (SNH) Dan Two Stay Two Stray (TSTS) Pada Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII SMP Negeri Surakarta Ditinjau dari Kecemasan Siswa pada Materi Pokok Bangun Datar. Tesis Tidak Dipublikasikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Cavanagh & Sparrow. (2010). Measuring Mathemstics Anxiety. Paper presented at the AARE Annual Conference Melbourne, hlm. 1-13.

Ekawaldi & Liftiah. (2014). Efektifitas Teknik Relaksasi Pernafasan untuk Mengurangi Kecemasan Atlet Futsal yang Hendak Bertanding. Jurnal Universitas Negeri Semarang, 6 (1), 10-14.

Zelianti, Sujarwo, Hartoyo. (2012). Pengaruh Teknik Relaksasi Nafas Dalam terhadap Tingkat Emosi Klien Perilaku Kekerasan di Rumah Sakit Jiwa Daerah Dr. Amino Gondohutomo Semarang. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan, 6 (1), 1-6.

Budiyono. (2009). Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.