EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN STRATEGI COLLEGE BOWL DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA PADA MATERI LUAS PERMUKAAN BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP NEGERI 13 SURAKARTA

Octavi Shanta Maria, Ikrar Pramudya, Yemi Kuswardi

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: model pembelajaran yang menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik antara model pembelajaran discovery learning strategi college bowl atau model pembelajaran langsung; gaya belajar yang menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik antara gaya belajar visual, auditorial, atau kinestetik; pada masing-masing model pembelajaran, gaya belajar yang menghasilkan prestasi belajar lebih baik antara siswa gaya belajar visual, auditorial, atau kinestetik; pada masing-masing gaya belajar, model pembelajaran yang menghasilkan prestasi belajar lebih baik antara model pembelajaran discovery learning strategi college bowl atau model pembelajaran langsung. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 13 Surakarta tahun 2018/2019. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, diperoleh kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan anava dua jalan dengan[...]

Keywords

college bowl, discovery learning, gaya belajar, luas permukaan bangun ruang sisi datar, prestasi belajar matematika.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.