Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Guided Note Taking (GNT) Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis Siswa Kelas X MIPA Semester Genap SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019

Alifah Naufalia, Budiyono Budiyono, Laila Fitriana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika dari aspek pengetahuan (PBMAP) dan prestasi belajar matematika dari aspek keterampilan (PBMAK) lebih baik, siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan Guided Note Taking (Jigsaw-GNT) atau model pembelajaran langsung, (2) manakah yang mempunyai PBMAP dan PBMAK lebih baik, siswa dengan kecerdasan logis matematis (KLM) tinggi, sedang, atau rendah, (3) pada masing-masing kategori KLM, model pembelajaran manakah yang memberikan PBMAP dan PBMAK lebih baik, (4) pada masing-masing model pembelajaran, kategori KLM manakah yang mempunyai PBMAP dan PBMAK lebih baik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA semester genap SMA Negeri 5 Surakarta tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode tes. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes KLM, tes PBMAP, dan tes PBMAK. Teknik analisis data yang digunakan adalah MANOVA dua jalan dengan sel tak sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak terdapat perbedaan PBMAP dan PBMAK yang signifikan antara siswa yang dikenai model pembelajaran Jigsaw-GNT dan model pembelajaran langsung, (2) tidak terdapat perbedaan PBMAP dan PBMAK  yang signifikan antara siswa dengan KLM tinggi, sedang, dan rendah, (3) pada masing-masing kategori KLM, tidak terdapat perbedaan PBMAP dan PBMAK  yang signifikan antara siswa yang dikenai model pembelajaran Jigsaw-GNT dan model pembelajaran langsung, (4) pada masing-masing model pembelajaran, tidak terdapat perbedaan PBMAP dan PBMAK  yang signifikan antara siswa dengan KLM tinggi, sedang, dan rendah.

Keywords

aspek pengetahuan, aspek keterampilan, Guided Note Taking, Jigsaw, kecerdasan logis matematis, prestasi belajar matematika

Full Text:

PDF

References

Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

BSNP. (2018). PAMER UN 2018. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Alabekee, E.C., Amaele, S., & Osaat, S.D. (2015). Effect of Cooperative Learning Strategy on Students Learning Experience And Achievements In Mathematics. International Journal of Education Learning and Development, 3(4): 67-75. Diperoleh 19 Agustus 2019, dari https://semanticscholar.org.

Tran, V.D. (2014). The Effects of Cooperative Learning on the Academic Achievement and Knowledge Retention. International Journal of Higher Education 3(2): 131-140. Diperoleh 19 Agustus 2019, dari https://eric.ed.gov/?id=EJ1067568.

Naomi, M.W., Githua, B.N. (2013). Effects of Jigsaw Cooperative Learning Strategy on Students’ Achievement in Secondary School Mathematics in Laikipia East District, Kenya. Asian Journal of Management Sciences and Education 2(3): 177-188. Diperoleh 16 Juli 2019, dari http://www.ajmse.leenaluna.co.jp/AJMSEPDFs/Vol.2(3)/AJMSE2013(2.3-18).pdf.

Iweka, Fidelis. (2017). Effects of Authentic and Jigsaw II Learning Techniques on Students Academic Achievement in Mathematics. Global Journal of Arts, Humanities and Social Sciences 5(5): 18-24. Diperoleh 16 Juli 2019, dari http://www.eajournals.org/ wp-content/uploads/Effects-of-Authentic-and-Jigsaw-Ii-Learning-Techniques-on-Students-Academic-Achievement-in-Mathematics.pdf.

Sukada, I.K., Sadia, W. & Yudana M. (2013). Kontribusi Minat Belajar, Motivasi Berprestasi dan Kecerdasan Logis Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 Kintamani. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan 4(1): 1-11. Diperoleh 19 Agustus 2019, dari http://oldpasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ap/article/view/697.

Jayantika, I.T., Ardana I.M., Sudiarta, I.G.P. (2013). Kontribusi Bakat Numerik, Kecerdasan Spasial, dan Kecerdasan Logis Matematis terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Negeri Di Kabupaten Buleleng. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Matematika 2: 1-12. Diperoleh 19 Agustus 2019, dari https://media.neliti.com/media/publications/102985-ID-kontribusi-bakat-numerik-kecerdasan-spas.pdf.

Lesmana, A. (2019). Hubungan Kecerdasan Logis Matematis dan Komunikasi Interpersonal terhadap Hasil Belajar Matematika SMP School of Universe. Jurnal Ilmu Pendidikan 8(1): 2019. Diperoleh 19 Agustus 2019, dari http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TEK/article/view/1722/1201.

Budiyono. (2018a). Pengantar Metode statistika Multivariat. Surakarta: UNS Press.

Pratiwi, A.N., Budiyono, Sujadi I. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Guided Note Taking (GNT) pada Materi bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kemampuan Penalaran Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kota Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika 3(2): 123-133. Diperoleh 19 Agustus 2019, dari http://jurnal.fkip.uns.ac.id.

Mubiin, S. K. (2013). Eksperimentasi Model Pembelajaran Learning Cycle 7E pada Materi Trigonometri Ditinjau dari Kecerdasan Logika Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Ayuningrum, R., Budiyono, Slamet I. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dan Think Pair Share (TPS) pada Materi Aljabar Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis Siswa SMP Kelas VII Se-Kota Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika 4(5): 549-562. Diperoleh 19 Agustus 2019, dari http://jurnal.fkip.uns.ac.id.

Sari, N. A. (2011). Eksperimentasi Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dengan Latihan Individual Terstruktur pada Materi Trigonometri Ditinjau dari Kecerdasan Logika Matematika Siswa kelas X SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2010/ 2011. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Cahyaningsih, D. N. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Learning Cycle 7E pada Materi Peluang Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Jasmine, J. (2012). Metode Mengajar Multiple Intelligences. Bandung: Nuansa Cendekia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.