UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING) PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 11 SURAKARTA

Fakhi Rahmasari, Budi Usodo, Ira Kurniawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan strategi pembelajaran REACT yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII C SMP Negeri 11 Surakarta dan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII C SMP Negeri 11 Surakarta melalui penerapan strategi pembelajaran REACT. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data keterlaksanaan pembelajaran dan data pemahaman konsep matematika siswa. Data keterlaksanaan pembelajaran diperoleh dari hasil observasi yang dilakukan selama proses pembelajaran, sedangkan data pemahaman konsep matematika siswa diperoleh dari hasil tes akhir siklus. Data pemahaman konsep matematika siswa menyangkut 4 indikator, yaitu: mengklasifikasikan objek menurut sifat- sifat tertentu sesuai dengan konsep; memberi contoh dan bukan contoh dari suatu konsep; menyatakan ulang suatu konsep dan mengaplikasikan konsep pada pemecahan masalah. Berdasarkan dari hasil tes akhir siklus siswa yang mencapai skor 4 adalah: 1) Indikator mengklasifikasikan objek menurut sifat- sifat tertentu sesuai dengan konsep pada pra siklus sebesar 24,24%, siklus I mengalami peningkatan sebesar 18,18% menjadi 42,42%, dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 36,37% menjadi 78,79%. 2) Indikator memberi contoh dan bukan contoh dari suatu konsep pada pra siklus sebesar 15,15%, siklus I mengalami peningkatan sebesar 15,15% menjadi 30,3% dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 21,21% menjadi 51,51%. 3) Indikator menyatakan ulang suatu konsep pada pra siklus sebesar 33,33%, siklus I mengalami peningkatan sebesar 18,19% menjadi 51,52% dan siklus II mengalami peningkatan[...]

Keywords

strategi pembelajaran, REACT, pemahaman konsep matematika.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.