EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MOJOLABAN

Khairanna Idza Mutia Widodo, Triyanto Triyanto, Yemi Kuswardi

Abstract

Tujuan penelitian ini: (1) manakah yang memberikan hasil belajar matematika lebih baik, model pembelajaran kooperatif teknik Make A Match atau model pembela-jaran Langsung, (2) manakah kategori motivasi belajar yang memberikan hasil belajar matematika yang lebih baik, (3) pada model pembelajaran, manakah kategori motivasi belajar yang memberikan hasil belajar matematika lebih baik, (4) pada masing-masing kategori motivasi belajar, manakah yang memberikan hasil belajar matematika lebih baik, model pembelajaran kooperatif teknik Make A Match atau model pembelajaran Langsung. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan de-ngan sel tak sama, kemudian dilakukan uji komparasi ganda dengan metode Scheffe. Hasil penelitian ini: (1) model pembelajaran kooperatif teknik Make A Match memberi-kan hasil belajar matematika yang lebih baik dibandingkan dengan model pembelaja-ran Langsung, (2) siswa dengan motivasi belajar tinggi dan sedang memberikan hasil belajar matematika yang sama dan keduanya lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memili-ki motivasi belajar rendah, (3) pada masing-masing model pembelajaran, siswa dengan[.....]

Keywords

make a match, motivasi belajar, bangun ruang sisi datar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.