EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DENGAN PENDEKATAN ARIAS PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 25 SURAKARTA

Isnaeni Nur Syifa, Triyanto Triyanto, Dhidhi Pambudi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik antara siswa dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray  dengan pendekatan ARIAS atau siswa dengan model pembelajaran langsung; manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa dengan aktivitas tinggi sedang atau rendah; pada masing-masing aktivitas belajar, manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik antara siswa dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan pendekatan ARIAS atau siswa dengan model pembelajaran langsung; pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik antara siswa dengan aktivitas belajar tinggi, sedang atau rendah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018. Sampel dipilih dua kelas dari delapan kelas yang ada dengan teknik cluster random sampling, dimana satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah instrumen tes prestasi belajar dan angket aktivitas belajar siswa.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, kemudian dilanjutkan[...]

Keywords

TSTS, ARIAS, aktivitas belajar, persamaan garis lurus.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.