EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DENGAN STRATEGI MOTIVASI ARCS PADA MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BANGUN RUANG PRISMA DAN LIMAS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 16 SURAKARTA

Agustin Ari Puji Astuti, Budi Usodo, Yemi Kuswardi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari gaya belajar siswa. Model pembelajaran yang dibandingkan adalah model Think Talk Write (TTW) dengan strategi motivasi ARCS dan model pembelajaran langsung. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Sampel yang digunakan adalah 2 kelas yaitu kelas VIII A dan VIII D dengan jumlah 54 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara sampling random kluster. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah instrumen tes prestasi belajar dan angket gaya belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama dan uji lanjut pasca anava yaitu uji komparasi ganda dengan metode Scheffe. [...]

Keywords

Think Talk Write, gaya belajar, ARCS, prestasi belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.