EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN DENGAN MODEL ELICITING ACTIVITIES (MEAS) PADA MATERI SEGIEMPAT DITINJAU DARI SIKAP SISWA TERHADAP MATEMATIKA

Praphasta Jayantara, Budiyono Budiyono, Laila Fitriana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar matematika siswa yang lebih baik: antara penggunaan Model Eliciting Activities (MEAs) dengan model pembelajaran langsung, antar level sikap siswa terhadap matematika, antar level sikap siswa terhadap matematika pada masing-masing model pembelajaran, dan antara Model Eliciting Activities (MEAs) dengan model pembelajaran langsung pada masing-masing level sikap siswa terhadap matematika pada materi segiempat. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimental semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Purwantoro. Sampel yang terpilih adalah siswa kelas VII B dan VII C dengan teknik sampling random kluster. Pengumpulan data dilakukan melalui metode dokumentasi, tes, dan angket. Analisis instrumen tes menggunakan validitas isi, daya pembeda, tingkat kesukaran, dan reliabilitas tes. Analisis instrumen angket menggunakan validitas isi, konsistensi internal, dan reliabilitas angket. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, kemudian dilanjutkan dengan uji komparasi ganda menggunakan metode Scheffe’ dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Model [....]

Keywords

Model Eliciting Activities (MEAs), sikap siswa terhadap matematika, segiempat.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.