EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TPS DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED PROBLEM PADA MATERI TEOREMA PHYTAGORAS DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA

Wijayasari Dwi Wulandari, Sutopo Sutopo, Dhidhi Pambudi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Apakah pembelajaran matematika pada materi Teorema Phytagoras dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share(TPS) dengan Open Ended Problem akan menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik jika dibandingkan dengan pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) Apakah siswa dengan aktivitas belajar tinggi mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa dengan aktivitas belajar sedang maupun rendah dan untuk mengetahui apakah siswa dengan aktivitas belajar sedang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa dengan aktivitas belajar rendah pada materi Teorema Phytagoras, (3) Pada masing-masing tingkat aktivitas belajar siswa, manakah model pembelajaran yang menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik, model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan Open Ended Problem atau model pembelajaran konvensional. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Model pembelajaran Think Pair Share(TPS) dengan pendekatan Open Ended Problem menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran lang pada materi Teorema Phytagoras, (2) Siswa dengan aktivitas belajar matematika tinggi mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa dengan aktivitas belajar matematika sedang maupun rendah dan siswa dengan aktivitas belajar sedang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa dengan aktivitas belajar rendah pada materi Teorema Phytagoras, (3) Pada masing-masing tingkat aktivitas belajar siswa, model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan pendekatan Open Ended Problem menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran konvensional pada materi Teorema Phytagoras.

Keywords

think pair share (TPS) dengan pendekatan open ended problem, aktivitas belajar, prestasi belaja

Full Text:

PDF

References

http://helmynurindah.wordpress. com/2012/06/22/ketika-kualitaspendidikan-indonesiadipertanyakan/. Diunduh tanggal 21 Juli 2012.

http://tentangkomputerkita.blogs pot.com/2010/04/pengertianprestasi.html. Diunduh tanggal 27 Juli 2012.

Sardiman, A.M. 1994. Interkasi dan Aktivitas Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Budiyono. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: UNS Press. [5] Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press. [6] Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. 2009. Models of Teaching. Terj. Achmad Fawaid dan Ateills Mirza. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. [7] Djamarah, S.B. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta. [8] Pertiwi, Sri. 2011. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) dan Jigsaw pada Prestasi Belajar Matematika ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa SMP di Kabupaten Blora. Surakarta: UNS Digital Library.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.