ANALISIS KESULITAN MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS PADA MATERI HIMPUNAN DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA (Penelitian dilakukan di Kelas VII SMP Negeri 16 Surakarta)
Alifah Mursalina, Ponco Sujatmiko, Ira Kurniawati
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa kelas VII SMP Negeri 16 Surakarta dengan gaya kognitif Field Dependent dan Field Independent berdasarkan Newman’s Error Analysis dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi himpunan. Metode penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif merupakan metode dan pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. Subjek penelitian dipilih dengan purposive sampling. Selain itu, metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes berupa GEFT dan wawancara berbasis tugas. Triangulasi waktu dipilih sebagai teknik uji validitas data pada penelitian ini. Triangulasi waktu dilakukan dengan membandingkan data yang diperoleh saat wawancara berbasis tugas pertama kepada sumber dengan wawancara berbasis tugas kedua. Analisis data hasil jawaban dan wawancara ini didasarkan pada Newman’s Error Analysis (NEA). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kesulitan menyelesaikan masalah matematika materi himpunan pada siswa dengan gaya kognitif Strongly Field Dependent, Slightly Field Dependent dan Slightly Field Independent adalah memahami permasalahan yang diberikan, kesulitan menentukan strategi penyelesaian yang tepat, ketidakmampuan dalam menerjemahkan ke dalam bentuk matematika, dan ketidakmampuan untuk melakukan prosedur matematika yang benar. Kesulitan menyelesaikan masalah matematika materi himpunan pada siswa dengan gaya kognitif Strongly Field Independent yaitu kesulitan dalam memahami permasalahan yang diberikan.
Keywords
kesulitan, masalah matematika, Analisis Kesalahan Newman, himpunan, gaya kognitif, field dependent, field independent.