PENALARAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PEMBUKTIAN MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT

Risky Yoga Suratman, Dyah Ratri Aryuna, Henny Ekana Chrisnawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran mahasiswa dengan gaya kognitif Field Independent dan Field Dependent dalam menyelesaikan masalah pembuktian matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan wawancara berbasis tugas. Subjek dalam penelitian ini adalah 5 mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNS angkatan 2013 dari 3 mahasiswa dengan gaya kognitif Field Independent dan 2 mahasiswa dengan gaya Field Dependent yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan instrumen bantu berupa Grub Embeded Figure Test (GEFT). Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Teknik validasi data dilakukan dengan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan penalaran mahasiswa dalam menyelesaikan masalah pembuktian. Mahasiswa dengan gaya kognitif Field Independent memahami masalah dengan cara menentukan dan menjelaskan pernyataan yang diketahui dan yang dibuktikan, menyusun rencana dengan cenderung memilih alternatif penyelesaian secara mendalam dengan menggunakan konsep yang ada, melaksanakan rencana dengan runtun dan memberikan alasan yang jelas dengan berdasarkan konsep yang ada, serta memeriksa kembali dengan menjelaskan secara singkat prosedur pembuktian. Mahasiswa dengan gaya kognitif Field Dependent memahami masalah dengan menentukan dan menjelaskan pernyataan yang diketahui dan yang dibuktikan, menyusun rencana dengan mengingat penyelesaian permasalahan yang mirip dengan permasalahan yang pernah dipelajarinya atau berdasarkan buku, melaksanakan rencana dengan memberikan alasan setiap langkah pembuktian namun ada beberapa yang tidak dapat memberikan alasan dan cenderung beralasan berdasarkan apa yang diajarkan dosen atau pada buku, serta memeriksa kembali dengan menyebutkan pernyataan yang dibuktikan berserta alasannya.

Keywords

Penalaran, gaya kognitif Field Independent-Field Dependent

Full Text:

PDF

References

Schwanke, B. (2008). RAP (Reasoning and Proof) Journals: I Am Here. Lincoln: University of Nebraska

Polya, G. (1973). How To Solve It, Second Edition. New Jersey: Princeton University Press

Wardhani, S. (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Yogyakarta: PPPPTK

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Amerika: NCTM

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Perdikaris, S. 2011. Using the Cognitive Style to Explain an Anomaly in the Hierarchy of the van Hiele Levels. Journal of Mathematical Sciences & Mathematics Education, 6 (2), 35-43. Diperoleh pada 8 Februari 2018, dari http://www.msme.us/2011-25.pdf

Lim, D. 2005. Cross Relationships between Cognitive Styles and Learner Variables in Online Learning Environment. Journal of Interactive Online Learning, 4

(1), 53-66. Diperoleh pada 2 April 2018, dari http://www.ncolr.org/jiol/issue s/pdf/4.1.4.pdf

Usodo, B. (2011). Profil Intuisi Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Tahun 2011, hlm 93-100, Universitas Sebelas Maret Surakarta

Refbacks

  • There are currently no refbacks.