EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DITINJAU DARI MINAT BELAJAR MATEMATIK

Samirah Samirah, ikrar Pramudya, Yemi Kuswardi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) di antara model pembelajaran kooperatif teknik Make a Match dan langsung, manakah yang menghasilkan prestasi lebih baik, (2) di antara siswa dengan minat belajar tinggi, sedang, dan rendah, manakah yang menghasilkan prestasi lebih baik, (3) pada masing-masing model pembelajaran, di antara siswa dengan minat belajar tinggi, sedang, dan rendah, manakah yang menghasilkan prestasi lebih baik, (4) pada masing-masing minat belajar, di antara model pembelajaran kooperatif teknik Make a Match dan langsung, manakah yang menghasilkan prestasi lebih baik. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 11 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data melalui metode dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan anava dua jalan dengan sel tak sama dilanjutkan dengan uji komparasi ganda. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa: (1) model pembelajaran kooperatif teknik Make a Match menghasilkan prestasi lebih baik daripada langsung, (2) siswa dengan minat belajar tinggi menghasilkan prestasi lebih baik daripada siswa dengan minat belajar sedang maupun rendah, dan siswa dengan minat belajar sedang menghasilkan prestasi yang sama baiknya dengan siswa dengan minat belajar rendah, (3) pada masing-masing model pembelajaran, siswa dengan minat belajar tinggi menghasilkan prestasi lebih baik daripada siswa dengan minat belajar sedang dan rendah[....]

Keywords

model Make a Match, minat belajar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.

Full Text:

PDF

References

Sarno, M. A. (2008). Students’ Perceptions About The Symbols, Letters, and Signs in Algebra and How Do These Affect Their Learning of Algebra: A Case Study in A Government Girls Secondary School Karachi. Journal of Mathematical Research. 3(4). 363-370.

BSNP. (2016). Panduan Pemanfaatan Hasil Ujian Nasional. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Syah, M. (2008). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Marpaung, Y. (2007). Karakteristik PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia). Disajikan dalam Penataran dan Lokakarya Widyaswara Matematika LPMP Angkatan I dan II, di PPPG Matematika Yogyakarta.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Winkel. (1996). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.