EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DENGAN PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING PADA SUBPOKOK BAHASAN SEGITIGA DAN SEGIEMPAT DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP 2 JATEN

Zaidah Nurul Hasanah, ikrar pramudya, Getut Pramesti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) manakah yang menghasilkan prestasi belajar siswa yang lebih baik antara model pembelajaran student teams achievement division dengan pendekatan reciprocal teaching (STAD RT) atau model pembelajaran langsung; (2) manakah yang menghasilkan prestasi belajar lebih baik antara siswa dengan motivasi belajar tinggi, sedang, atau rendah; (3) pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang menghasilkan prestasi belajar lebih baik antara siswa dengan motivasi belajar tinggi, sedang, atau rendah; (4) pada masing-masing motivasi belajar, manakah yang menghasilkan prestasi belajar siswa lebih baik antara model pembelajaran STAD RT atau model pembelajaran langsung. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Jaten tahun pelajaran 2016/2017. Sampel yang digunakan adalah 2 kelas dengan jumlah 64 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah instrumen tes prestasi belajar dan tes motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, kemudian dilakukan uji lanjut pasca anava, yaitu uji komparasi ganda dengan menggunakan metode Scheffe. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) model pembelajaran STAD RT menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik daripada model pembelajaran langsung;[.....]



Keywords

STAD, reciprocal teaching, motivasi belajar

Full Text:

PDF

References

Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Hamzah, A. & Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Stategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Lukman, S., Rindarjono, M.G., & Karyanto, P. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan STAD Terhadap Hasil Belajar Geografi Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jatinom Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014, Jurnal GeoEco, 2(2), 114-127.

Mubarok, M.S & Sumbawati, M.S. (2014). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Model Pembelajaran STAD dengan Strategi Belajar Reciprocal Teaching dan Model Pembelajaran Konvensional dengan Metode Ceramah pada Mata Diklat DasarDasar Elektronika Digital Di SMK Sunan Drajat Lamongan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2), 105-112.

Palincsar, A.S. & Brown, A. (1984). Reciprocal Teaching of Comprehension Fostering and Comprehension Mentoring

Activities Cognition and Instruction. Cognition and Instuction, 1(1), 117-175.

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slavin, R.E. (2005). Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung : Nusa Media.

Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. YogYakarta: Ar-Ruzz Media.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif; Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.